Beranda Daerah Lidyawati Cik Ujang Minta Turunkan Iklan Rokok Tidak Berizin

Lidyawati Cik Ujang Minta Turunkan Iklan Rokok Tidak Berizin

Tanggal : Pukul :
196
0
Tampak iklan rokok even musik berjejer terpasang tana izin disekitar Lapangan Seganti Setungguan Lahat. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Ketua TP PKK Lahat, Lidyawati Cik Ujang, mulai gerah dengan sejumlah even di Kabupaten Lahat, yang disponsori oleh perusahaan rokok. Pasalnya ratusan iklan rokok itu, tidak sejalur dengan program PKK untuk mencapai Kota Layak Anak.

Seperti saat even konser band Slank beberapa waktu lalu, dan konser penyanyi Via Vallen yang digelar Minggu (15/9) mendatang. Kedua even ini digelar dengan sponsor perusahaan rokok. Padahal untuk mensukseskan program Kota Layak Anak canangan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Syarat utamanya harus bebas asap rokok, maupun iklan rokok.

“Iklan rokok jauhkan dulu. Percuma perwakilan menteri datang terus menggelorakan program itu, tapi ternyata kita melakukan lebih dari yang dilarang,” ujarnya saat rapat bersama jajaran OPD Pemkab Lahat, Rabu (11/9).

Lanjutnya, terkait pemasangan iklan rokok itu, dirinya belum mengetahui apakah sudah mengantongi izin atau belum. Kalaupun ternyata tidak mengantongi izin, Lidyawati Cik Ujang meminta, dinas terkait harus berani ambil tindakan tegas. Apalagi iklan yang terpasang melalui baleho, cukup besar dan banyak, melebihi iklan baleho Pemda.

“Kalau perusahaan rokok tidak menghormati kita, sesuka hati mereka pasang iklan tanpa izin, turunkan saja iklan-iklan itu. Sehabis konser lihatlah akibatnya, masyarakat yang jadi korban. Ada yang kecelakaan berkendaraan, ada juga yang kecelakaan akibat berpacaran,” tegas Lidyawati Cik Ujang.

Sementara, Plt Dinas PM dan PTSP Lahat, Suhirdin mengatakan, terkait even pesta musik istimewa dengan bintang tamu Via Valen, dan Biagindas, yang digelar (15/9) mendatang, di Lapangan Seganti Setunguan. Belum ada satu pihak pun yang datang untuk mengurus izin. Baik izin iklan reklame, maupun izin lainnya.

“Untuk even itu, belum ada satupun yang datang mengurus izin. Kita siap menjalankan perintah yang disampaikan Ibu Ketua PKK Lahat,” ucapnya. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here