Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Kobaran api yang terus membakar lereng Bukit Besar. Foto Istimewa

Lereng Bukit Besar Terbakar, Pendakian Ditutup

Lahat, Detik Sumsel — Warga di sekitar Desa Tanjung Beringin, Jumat petang (28/9) sekitar pukul 18.00 WIB, dibuat geger adanya api yang melahap area Bukit Besar, yang berada persis diwilayah Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat itu.

Kondisi geografis perbukitan, ditambah sulitnya akses mendapatkan air disekitar titik api. Rupanya jadi kendala dalam proses pemadaman. Kendati pemadam kebakaran, Manggalana Agni dan BPBD sudah berada dilokasi. Proses pemadaman, jauhnya titik api dari desa, jadi pemicu sulitnya proses pemadaman.
“Terpaksa kita disini, BPBD, dibantu TNI, Polri, dan warga, terpaksa berupaya memadamkan api dengan cara manual. Gotong royong mengangkut air ke atas,” Kata Marjono, Kepala BPBD Lahat, dihubungi via seluler, Jumat (23/9).
Kendati saat ini api masih berada di puncak dan lereng bukit, dengan ketinggian ± 1.700 MDpl itu. Tim juga distanbaykan disejumlah titik disekitar bukit. Guna menghindari jangan sampai api menjalar luas hingga ke perkebunan warga.
“Belum diketahui jelas asal api. Sudah tidak ada lagi wisatawan yang berada dipuncak Bukit Besar,” ujar Marjono singkat.
Hingga berita ini dimuat sekitar pukul 23.40 WIB, dikabarkan api masih berkobar menerangi puncak bukit. Belum bisa dipastikan kapan api berhasil dijinakan. Hanya saja dipastikan pendakian disalah satu wisata favorit ini, terpaksa ditutup sementara. (heru).
H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Baca Juga :   Kapolresta Palembang Bantu Evakuasi Jenazah Ibu Hamil yang Meninggal Kecelakaan
Lakukan Penukaran Uang

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Polres OKUT Belum Terima Laporan Terkait Netralitas ASN

Martapura, Detik Sumsel — Polres OKU Timur mengaku belum menerima laporan terkait netralitas personel Polisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *