Iklan
Pemprov

Lebaran Tak Dukung Peningkatan Inflasi di Sumsel

Palembang, Detik Sumsel – Berdasarkan pantauan harga dibulai Mei 2021 Sumatera Selatan mengalami inflasi sebesar 0,01 persen pada Mei 2021 atau turun dibanding bulan sebelumnya yang sebesar 0,33 persen.

Bahkan, Palembang mengalami deflasi sebesar 0,02 persen dan menjadi kota dengan deflasi terendah secara nasional pada bulan tersebut. Padahal, pada bulan Mei 2021 terjadi momen puasa dan Idulfitri yang biasanya menjadi faktor pengerek inflasi.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Selatan (Sumsel) Zulkipli mengatakan jika dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, inflasi Sumsel kali ini juga yang terendah.

Baca Juga :   Jalan Putus di Lahat, Sudah Bisa Dilalui

“Pada Mei 2019 Sumsel inflasi 0,38 persen begitu pula pada tahun lalu sebesar 0,13 persen. Ini menunjukkan bahwa daya beli kita kemungkinan besar belum begitu pulih,”jelasnya dalam rilis BPS, Kamis (03/06).

Dia menambahkan, kota Palembang dan kota lubuk linggau menjadi penyumbang inflasi Sumsel .

Berdasarkan hasil data tersebut, hampir semua kelompok pengeluaran di Kota Palembang mengalami inflasi, hanya saja terdapat satu kelompok, yakni makanan, minuman dan tembakau yang deflasi.

“Harga cabai merah, daging ayam ras dan cabai rawit turun. Namun harga daging ayam hidup [ayam kampung] naik lantaran biasanya masyarakat mengkonsumsi ayam kampung saat Lebaran,”katanya.

Baca Juga :   Kampoeng Palembang, Tawarkan Konsep Tempo Dulu yang Instagramable

Sementara itu inflasi terjadi di seluruh kelompok pengeluaran di Lubuk Linggau. Adapun komoditas yang memiliki andil besar terhadap inflasi di kota itu adalah tarif angkutan udara, telur ayam ras dan daging ayam ras. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Fauzi Amro Tegaskan Fraksi NasDem Tolak Rencana Kenaikan Pajak Sembako dan Pendidikan, Ini Alasannya

Jakarta, Detik Sumsel – Pemerintah berencana akan menjadikan bahan pokok atau sembako serta biaya pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *