Pemprov
Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin, saat bersama ASN Muba, di sela upacara Pembukaan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Intelijen bagi ASN Kabupaten Musi Banyuasin Tahun Anggaran 2021 di Kelas “J” Satinduk Bais TNI, Bogor, Senin (22/2). (Dinas KOminfo Muba)

Latih Kemampuan Intelijen, ASN Muba Belajar di Bais

Sekayu, Detik Sumsel  –  Komitmen dan realisasi Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin dalam mencegah, meminimalisir serta mempertahankan zero konflik, bukan sebatas isapan jempol saja.

Sebanyak  40 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Musi Banyuasin, dilatih kemampuan untuk deteksi dini dugaan konflik, disekitar wilyah kerja masing-masing.  Peserta angkatan pertama yang  terdiri dari camat, trantib, dan OPD ini dilatih kemampuan Intelijen oleh Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI.

“Ini menjadi pelatihan Intelijen pertama di Indonesia yang dilakukan Pemerintah Daerah dengan mengirim pegawainya untuk lebih mengoptimalkan Deteksi Dini dan Cegah Dini (Deni Ceni) setiap potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) di wilayah Muba,” ujar Komandan Satuan Induk (Dansat Induk) BAIS TNI, Laksmana Pertama TNI, Akmal SAP di sela Upacara Pembukaan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Intelijen bagi ASN Kabupaten Musi Banyuasin Tahun Anggaran 2021 di Kelas “J” Satinduk Bais TNI, Bogor, Senin (22/2).

Dikatakan Akmal, Bupati Muba bersama Pemkab Muba mempunyai komitmen tinggi dalam menjaga keamanan dan stabilitas wilayah dan mempertahankan zero konflik. “Indonesia akan semakin kondusif dengan adanya komitmen yang kuat dari Kepala Daerah seperti Bupati Muba ini, untuk menjaga ketentraman dan keamanan wilayah,” imbuhnya.  “Semoga Indonesia semakin kondusif, dan daerah lainnya di Indonesia punya komitmen tinggi seperti Muba untuk menjaga keamanan daerah,” tambahnya.

Baca Juga :   Unjuk Rasa Di Kantor Bupati, Massa Pertanyakan Operasional PT SBI

Akmal menambahkan, pelatihan yang diikuti 40 peserta ini akan dilaksanakan selama lima hari. “Pelatihan akan dilakukan selama 5 hari kedepan, dengan materi seputar peningkatan kemampuan Intelijen bagi ASN dan upaya cepat meminimalisir dan mencegah konflik. Ini merupakan angkatan pertama. Ke depan  akan ada angkatan kedua,” bebernya.

Bupati Muba berharap peserta pelatihan serius.  Semua aparatur Pemkab Muba, kata dia,  wajib mengetahui lebih cepat dan mencegah lebih dini  kondisi yang bakal terjadi dan memunculkan konflik di masyarakat.

“Sehingga penanganan permasalahan yang akan terjadi baik itu bencana alam maupun non alam lebih cepat ditanggapi atau diminimalisir,” ujarnya.

Pemegang Brevet Wing Terbang Layang Hingga Brevet Penembak ini menambahkan, Muba sangat strategis dan mempunyai Proyek Strategis Nasional ( pengembangan bensin sawit/ biofuel dan jalan tol ), dan kekayaan objek vital blok-blok gas yang harus terus dijaga keamanannya. ” Pelatihan ini sangat penting  bagi ASN di Muba untuk dapat lebih maksimal bersinergi dengan aparat penegak hukum di wilayah Muba,” katanya.

Dodi ingin personil yang sudah dilatih akan lebih handal, tanggap dan peka dalam mendeteksi dini dan mencegah dini setiap potensi ATHG yg timbul di wilayah masing-masing.

Baca Juga :   Arta Prigel Dimenangkan PN Lahat, Ini Reaksi Penggugat

“Kepada Kesbangpol Muba yang memiliki fungsi sebagai mata dan telinga kepala daerah, untuk dapat mendayagunakan aparatur yang sudah terdidik dan terlatih di bidang intelejen sebagai ujung tombak pemeliharaan stabilitas daerah Kabupaten Musi Banyuasin”, tutupnya.

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA dalam kesempatan tersebut disematkan BAIS TNI penghargaan PIN Dharma Wira Waskita.

Selain itu juga mengikuti latihan menembak bersama  BAIS TNI. Turut mendampingi Bupati Muba antara lain Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba Yudi Herzandi SH MH, Inspektur Drs Aidil Fitri MSi, Kaban Kesbangpol Soleh Naim SE MM, Kadin Kominfo Herryandi Sinulingga AP, Kabag Kerjasama Setda Muba Dicky Meiriando SSTP MH dan Plt Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Muba Rangga Perdana Putra SSTP.

Komandan Satuan Induk (Dansat Induk) BAIS TNI, Laksmana Pertama TNI Akmal SAP turut didampingi Dir D BAIS TNI Marsekal Pertama Tawakal, Dir H BAIS TNI Brigjen TNI Bambang Siswanto, dan Wadan Sat-Induk BAIS TNI Kolonel Sus Rahmat Mestika. (edy)

 

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Edy Parmansyah

Avatar

Check Also

Diwarnai Suara Tembakan, Pengedar Sabu Simpan BB Dalam CD

Sekayu, Detik Sumsel – Penangkapan salah satu pengedar Narkotika jenis sabu di Musi Banyuasin, diwarnai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *