Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel

Laporkan Indikasi Pungli di Sekolah, Massa FPP Serbu Gedung DPRD Lahat

Lahat, Detik Sumsel — Masih adanya indikasi pungutan liar yang merayap di dunia pendidikan di Kabupaten Lahat, lima anggota Forum Peduli Pendidikan Lahat, geruduk gedung DPRD Lahat. Menuntut dihapuskannya Perbup No 42 tahun 2017, yang disangkakan menjadi payung masih diperbolehkannya adanya pungutan di sekolah.

Koordinator aksi, Sunda Bahari mengatakan, pada Permendikbud No 44/2012, Pasal 9 ayat 1, berbunyi intinya aturan pendidikan dilarang memungut biaya. Sedangkan adanya Perbup tersebut, mala menjadi pelindung satuan pendidikan melakukan pungutan berkedok sumbangan yang dilakukan melalui komite sekolah.

“Masyarakat tidak mau berteriak, karena kalau berteriak anak mereka di sekolah bisa di diskriminasi di sekolah. Hapuskan Perbup itu, jadi tidak ada lagi dalil untuk memungut iuran di sekolah,” katanya, disela usai orasi di depan gedung DPRD Lahat, Selasa (18/9).

Baca Juga :   Dansatgas TMMD Tinjau Penimbunan Jalan

Saat aksi mau berlangsung, sempat terjadi kericuhan antara masa aksi dari FPP dengan aparat kepolisian. Diduga lantaran aksi yang digelar oleh FPP tersebut, belum mendapatkan izin yang dikeluarkan Satintelkam Polres Lahat. Bahkan untuk menghindari bertambahnya jumlah masa, anggota kepolisian menutup tiga penjuru pintu masuk ke area Pemda Lahat.

“Mereka masukan izin Minggu (16/9), sesuai aturan aksi ini baru bisa digelar setelah 3×24 jam dari pengajuan izin, ini baru 2×24 jam. Jadi kita bisa siapkan penjagaan,” terang Kapolres Lahat, AKBP Roby Karya Adi SIK, melalui Kasubag Humas, Ipda Sabar T.

Baca Juga :   Gelar Rajernis TA 2019

Sementara, Ketua Komisi lV DPRD Lahat, Gaharu SE MM menyampaikan, pihaknya sangat menyayangkan dengan adanya dugaan pungutan berkedok sumbangan di sekolah ini. Pihaknya akan memanggil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, menanyakan perihal ini.

“Kita koordinasikan dulu, pastinya tidak bisa langsung dihapus begitu saja, perlu ada kajian. Tapi kami mendukung penuh aksi ini,” sampai Gaharu. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Gotong Royong Terus Dipertahankan Hingga di Ujung TMMD

Kendal, Detik Sumsel — Kebersamaan dan saling bahu membahu antara sesama manusia merupakan salah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *