Iklan

Detik
Pemprov
Sambutan antuasias kepala desa dan kepala perpustakaan sumber ilmu desa Marga Sakti.

Lakukan PKM ke Mitra Binaan di Desa Marga Sakti

Palembang, Detik Sumsel- Dosen dan Mahasiswa program studi ilmu perpustakaan FAHUM – UIN Raden Fatah Palembang, angkatan 2017 lakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengusung tema “Membina Mitra Binaan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial” di desa Marga sakti kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas (1/3).

Sambutan antuasias kepala desa dan kepala perpustakaan sumber ilmu desa marga sakti, dipilihnya Lokasi mereka sebagai tempat PKM Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang. yang berlangsung sejak tanggal 26-28 Februari 2021 Perpustakaan Sumber ilmu sudah berdiri sejak tahun 2017.

Di tahun 2018 provinsi Sumatera selatan bersama 21 perpustakaan di Indonesia mengikuti program transformasi perpustakaan berbasis inklusii sosial, yang merupakan tahun pertama dari program tersebut.

Baca Juga :   Serah Terima Kunci Salbiyah Berlangsung Haru

Sebelumnya program ini di adopsi dari program Coca-Cola inklusi sosial sebagai salah satu cara meningkatkan literasi dan kegunaan dari perpustakaan itu sendiri foundation yaitu program perpus seru.

Perpustakaan tersebut mengambil tema berbasis inklusi sosial yaitu dengan tujuan mengikutsertakan atau memberdayakan masyarakat untuk dapat mengambil pemanfaatan dari perpustakaan tersebut sehingga ilmu yang di dapatkan dari perpustakaan dapat dimanfaatkan atau diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Ketua Perpustakaan Sumber ilmu desa marga sakti, Paino, S.Pd. Pada 2019 program ini berhasil meraih prestasi juara 2 klaster B perpustakaan umum terbaik desa tingkat nasional.

“Program Perpus Seru (transformasi perpustakaan berbasis inklusii sosial) di kabupaten Musi Rawas (MURA) dan dua kabupaten lainnya yaitu Musii Banyuasin (MUBA) dan Ogan Komering Ilir (OKI) mengikuti program layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial. Dan Perpustakaan sumber ilmu ini adalah bermitra dengan PT. Juanda Sawit,” ujar kepala perpustakaan kabupaten Musi Rawas.

Baca Juga :   Jaksa Limpah Berkas, Bos Sawit Pengguna Lahan Ilegal Siap-Siap Diadili

Sedangkan Yanto, M.Hum selaku Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan bahwa dalam pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berlangsung beberapa sesi kegiatan. Di antaranya yaitu penyusunan lay out perpustakaan, story telling, kesenian (tari dan drama), serta pembelajaran pembuatan keripik pare dan bandeng presto

“Saya juga sangat setuju dengan adanya kegiatan ini, kegiatan ini memberikan berbagai dampak yang sangat bagus, baik untuk masyarakat maupun mahasiswa, yang dimana mahasiswa dapat terjun ke masyarakat dalam mengimplementasikan teori yang di dapat didalam kelas, yang salah satunya seperti mata kuliah story telling literasi dan juga bentuk komunikasi,” ujar Yanto. (Humas UIN RaFa)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Deby

Avatar

Check Also

LPM Adakan Rapat Bersama Rektor dan Jajaran Pimpinan UIN RaFa

Palembang, Detik Sumsel- Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat adalah tujuan utama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *