Iklan
Pemprov
Kasi Lahan dan Irigasi, Muhaimin SP menunjukkan data LBS di Kabupaten Lahat, foto istimewa.

Lahan Persawahan di Lahat Beralih Fungsi Menjadi Lahan Perkebunan

Lahat, Detik Sumsel – Dinas Pertanian Kabupaten Lahat mencatat, Luas Baku Sawah (LBS) di Kabupaten Lahat saat ini mencapai 12.647 hektar. Angka tersebut terus menyempit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Alih fungsi lahan dari lahan sawah ke perkebunan, jadi penyebab berkurangnnya lahan tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Eti Listiana SP MM, melalui Kasi Lahan dan Irigasi, Muhaimin SP mengatakan, tahun 2017 LBS di Kabupaten Lahat mencapai sekitar 17.000 hektar, kemudian menyempit di tahun 2019 menjadi 15.263 hektar. Setelah dilakukan pengukuran menggunakan citra satelit bersama BPN, angka LBS Kabupaten Lahat menjadi 12.647 hektar.

Baca Juga :   Napi Rutan Pakjo Ditemukan Tewas Tergantung Dikamar Cukur Rambut

“Alih fungsi lahan sawah ke perkebunan seperti di Kikim Area dan bencana alam bisa mempengaruhi LBS, apalagi berubahnya metode pengukuran,“ ujarnya, Jumat (22/4)

Muhaimin menjelaskan, sebelum melakukan pengukuran menggunakan citra satelit atau secara digital, pengukuran LBS dilakukan secara manual oleh PPL di lapangan, dengan cara wawancara langsung dengan petani dan diukur menggunakan meteran.

“Mungkin metode manual dulu pengukurannya tidak tepat, karena tim PPL di lapangan hanya wawancara dengan petani, berbeda dengan sekarang sudah menggunakan alat yang canggih,”sampainya.(heru)

Baca Juga :   Dendam, Indra Nekat Habisi Nyawa Nico
H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Fauzi Amro Tegaskan Fraksi NasDem Tolak Rencana Kenaikan Pajak Sembako dan Pendidikan, Ini Alasannya

Jakarta, Detik Sumsel – Pemerintah berencana akan menjadikan bahan pokok atau sembako serta biaya pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *