Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Lahan Kawasan Bandara Atung Bungsu Ikut Terbakar

Lahan Kawasan Bandara Atung Bungsu Ikut Terbakar

Tanggal : Pukul :
645
0
Detik Sumsel/Ist - Tampak kebakaran lahan yang terjadi di kawasan Bandara Atung Bungsu Pagaralam.

Pagaralam, Detik Sumsel – Dampak dari musim panas yang melanda hampir sebagian besar wilayah di Indonesia, terutama kebakaran hutan, mulai dirasakan beberapa daerah. Salah satunya di Kota Pagaralam, kawasan Bandara Atung Bungsu menjadi salah kawasan lahan yang mulai terbakar.

Pada Sabtu (21/9) malam, kawasan lahan di areal Bandara Atung Bungsu mulai terbakar. Hal ini membuat petugas dari Pemadam Bencana Kebakaran (PBK) harus berjibaku melakukan pemadaman. Pasalnya, kebakaran lahan mulai masuk di kawasan zona X Bandara Atung Bungsu.

Bahkan, bukan saja lahan di kawasan Bandara Atung Bungsu yang terbakar. Hutan lindung yang ada di kawasan Desa Tanah Pilih, Kecamatan Dempo Selatan, juga terbakar. Untung saja petugas PBK mampu memadamkan api meskipun memakan waktu hampir 12 jam.

Baca Juga :   Hati-hati, Jalur Mudik ke Kota Pagaralam Amblas

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencaba Daerah (BPBD) Kota Pagaralam,  Ezzer Fitrian, membenarkan jika kawasan lahan di Bandara Atung Bungsu mulai terbakar. Bahkan api sudah masuk ke kawasan bandara.

“Kemarin sore, Sabtu lahan di kawasan bandara terbakar. Kejadian pada pukul 17.00 WIB dan baru bisa dipadamkan sekitar pukul 24.00 WIB,” ujarnya, Minggu (22/9).

Setelah petugas berhasil memadamkan api di kawasan Bandara Atung Bungsu, tim PBK kembali mendapat laporan jika ada hutan lindung di kawasan Tanah Pilih terbakar. Mendapat laporan ini petugas kembali berjibaku memadamkan api dan baru padam sekitar pukul 03.30 WIB pagi.

Baca Juga :   Alokasikan Rp 30 M untuk Perbaikan Jembatan Lingkar Timur Pagaralam

“Kita hampir 12 jam berjibaku memadamkan api. Pasalnya ada puluhan hektar lahan dan hutan yang terbakar di kawasan kecamatan Dempo Selatan,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Pagaralam, Patriot A Mundera, mengatakan, pihaknya menerjunkan dua armada mobil Damkar dan 20 personil untuk memadamkan api tadi malam.

“Tim hampir 12 jam memadamkan api. Namun berkat usaha petugas semua titik api berhasil dipadamkan. Kami berharap masyarakat tidak membakar lahan dan tidak membuang puntung rokok pasalnya bisa menjadi penyebab kebakaran. Kami juga berharap warga bisa cepat melapor jika ada kebakaran hutan atau lahan,” pungkasnya. (rendi)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here