Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel

Lagi, Polisi Gagalkan Aksi Bandit Gembos Ban Nasabah Bank

# Tiga Pelaku Diringkus, Dua Pelaku Lainnya Berhasil Kabur

Prabumulih, Detik Sumsel – Gerombolan pelaku kejahatan yang mengincar para nasabah bank di Kota Prabumulih kembali beraksi. Namun, aksi para pelaku yang melancarkan aksinya dengan modus gembos ban ini berhasil digagalkan anggota Satreskrim Polres Prabumulih dan Polsek Prabumulih Timur.

Para pelaku berjumlah lima orang. Dua pelaku berhasil kabur dalam kejaran petugas, sedangkan tiga pelaku berhasil diringkus. Ketiga pelaku yakni Sebastian (33), warga Kampung Talang Ajung, Desa Cotereup, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Selanjutnya Herman (36), warga Jalan Pacong, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara dan Abi Dewanto (35), warga Bumi Serang Banten, Kelurahan Kaligandu, Kecamatan Serang, Kota Serang.

Ketiga pelaku diringkus saat hendak mengeksekusi korbannya di Jalan Jendral Sudirman tepatnya di Simpang Empat Bawah Kemang, Kelurahan Patih Galung, Kecamatan Prabumulih Barat, pada Jumat (02/11) sekitar pukul 15.00 wib.

Informasi yang dihimpun, digagalkannya aksi kawanan pelaku gembos ban ini berawal saat korban yakni Novita Anggraini (41), warga Perumahan Bukit, Kelurahan Cambai, Kecamatan Cambai usai menarik uang senilai Rp25 juta di Bank Mandiri. Selanjutnya korban pun pergi menuju Bank Sumsel Babel untuk menyetorkan kembali uang tersebut.

Baca Juga :   Pasca Tawuran Suporter, Sriwijaya FC Gelar Ujicoba Tertutup

Usai menyetorkan uang tersebut korban pun pergi meninggalkan bank dengan menggunakan mobil jenis Toyota Yaris. Namun, saat hendak meninggalkan bank petugas security memberitahu korban jika ban mobil bagian belakang sebelah kiri dalam keadaan gembos.

Meski demikian korban pun tetap melanjutkan perjalanan. Korban pun tidak sadar jika ia telah di iringi oleh para pelaku yang hendak melancarkan aksinya.

Anggota Satreskrim Polres Prabumulih yang saat itu tengah patroli curiga melihat mobil korban diiringi oleh para pelaku yang menunggangi sepeda motor dan mobil. Saat itulah petugas kemudian langsung bergerak meringkus para pelaku.

“Pelaku sudah mengincar korbannya dari bank. Apalagi ada pihak security bank yang mengetahui ban mobil korban dalam keadaan gembos. Karena ini merupakan modus yang kerap terjadi pada nasabah bank maka pihak security berkoordinasi dengan kita. Sehingga dengan mudah kita mengetahui gerak-gerik pelaku yang telah mengincar korbannya,” ujar Kapolres Prabumulih AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH didampingi Kasat Reskrim AKP Abdul Rahman SH MH usai gelar perkara.

Baca Juga :   2.249 TPS Belum Digelar Pemungutan Suara

AKP Abdul Rahman menambahkan, pelaku merupakan komplotan bandit yang mengincar para nasabah bank lintas provinsi. Mengingat pelaku berasal dari luar Sumsel.

“Hal ini juga diperkuat dari sejumlah barang bukti lainnya yang kita amankan. Yakni sejumlah atm dan KTP milik para korban yang sebagian besar berasal dari luar Sumsel. Kasusnya saat ini masih terus kita kembangkan,” tegasnya.

Sementara itu, Herman satu diantara para pelaku mengaku jika aksi tersebut didalangi oleh rekannya yakni Abi Dewanto. Dalam menjalankan aksinya para pelaku berbagi tugas. Dua pelaku masuk ke dalam bank mengincar korban, sedangkan tiga pelaku berada di luar bank.

“Aku baru satu kali inilah ikut. Itu pun diajak oleh Abi. Rencananyo kalau ado hasil uangnyo akan dibagi rato,” katanya seraya mengaku kedua temannya berhasil kabur menggunakan sepeda motor. (Ichal)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Erizal Wandi

Avatar

Check Also

Hadiri Puncak Hari Santri Nasional, HD Minta Santri Manfaatkan Teknologi

Palembang, Detik Sumsel – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  H Herman Deru meminta para santri di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *