Iklan
Pemprov
Antrean di pintu masuk itu bukan karena kawasan di dalam mall sudah penuh tetapi pihaknya membatasi dan menghitung jumlah pengunjung jangan sampai melebihi kapasitas. Selama pandemi hanya 50 persen kapasitas mall dan kami perketat lagi.

Kurangi Kerumunan, Batasi Tingkat Kunjungan

Palembang, Detik Sumsel- Tingkat kunjungan menjelang idul fitri ke mall mengalami peningkatan. Hal tersebut terlihat dari tingkat kunjungan ke Palembang Square Mall. Para pengunjung yang masuk ke Palembang square mall antri lantaran pengelola membatasi jumlah kunjungan.

Intan Indirayana Marketing Communication Palembang Square dan PSX mengatakan, masyarakat yang ingin datang dan masuk ke kawasan mall memang ramai. Namun pihaknya mengikuti aturan dan arahan pemerintah untuk membatasi tingkat kunjungan 50 persen dari kapasitas. “Pengunjung yang masuk dibatasi,” ungkapnya.

Menurutnya, antrean di pintu masuk itu bukan karena kawasan di dalam mall sudah penuh tetapi pihaknya membatasi dan menghitung jumlah pengunjung jangan sampai melebihi kapasitas. Selama pandemi hanya 50 persen kapasitas mall dan kami perketat lagi.

“Jadi sebenarnya bukan meningkat kunjungan melainkan berkurang karena ada pembatasan jadi salah informasi yang beredar di media sosial bahwa PS ramai dan membludak . Antrian itu karena pembatasan,”

Selain itu, kata dia, pengunjung yang masuk pun akan di cek suhu tubuh dan wajib mencuci tangan atau menggunakan hand sanitazer. Pengunjung yang masuk pun wajib menggunakan masker selama di dalam maupun di luar kawasan mall.

Tidak hanya itu, lanjut dia, pihaknya pun rutin mengingatkan pengunjung untuk mematuhi 3 M . “Kami sering mengingat melalui pengumuman dan juga patroli petugas agar memantau dan mengurangi kerumunan,” ucap dia.

Baca Juga :   Kunjungi Lokasi TMMD, Kolonel Laut (P) Filda Ajari Siswa SMA Teknik Cepat Menghafal

Pengetatan protokol kesehatan perlu dilakukan sebagai langkah antipasi terhadap lonjakan pengunjung mal menjelang hari raya idul fitri untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan khususnya di lingkungan. Mal juga akan beroperasi melayani pengunjung lebih awal yaitu pada pukul 09.00 hingga 21.00 WIB dimulai pada hari hari Sabtu tanggal 01 Mei 2021 untuk memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk bisa berbelanja kebutuhan.

Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 dan juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung yang berbelanja di mal wilayah Palembang yang dikelola oleh LMI. “Kami prinsipnya sangat mendukung pencegahan dan penyebaran Covid-19,” ucap dia.

Tantangan kami dalam menerapkan protokol kesehatan adalah meningkatkan kedisiplinan pengunjung dalam menjalankan protokol kesehatan, karena kunci utama mengendalikan penyebaraan Covid-19 adalah disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Untuk itu pengetatan prokes yang kami lakukan di 3 mal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan pengunjung dalam menjalankan prokes yang kami terapkan bagi pengunjung yang berada di mal.

“Semua pihak memiliki tanggung jawab yang sama untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Untuk itu kami berharap dukungan semua pihak, baik itu dukungan dari tenant dan khsusunya pengunjung diharapkan dapat mematuhi prokes dengan kesadaran dan penuh tanggung jawab,” tegasnya.(tet)

Baca Juga :   Heri Gondrong Raih Penghargaan 'Influencer Good Content Against Covid-19' 

Pengetatan protokol kesehatan ini, 3 mal ini telah melakukan langkah- langkah antara lain adalah :

1. Melakukan sosialisasi kepada tenant untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang berlaku.

2. Membentuk tim task force Palembang Icon, Palembang Square dan PSX sebagai upaya mitigasi terhadap pelanggaran protokol kesehatan sebagai langkah antisipasi terjadi pelanggaran khususnya protokol kesehatan yang berkaitan untuk tetap menjaga jarak.

3. Menambah personil dilapangan untuk dapat melakukan sosialiasi berkala kepada pengunjung agar disiplin menerapakan protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang berlaku.

4. Melakukan update terkini dan melakukan penambahan alat pengukur suhu tubuh di beberapa pintu masuk.

5. Memastikan ketersediaan hand sanitizer yang cukup.

6. Menjaga kebersihan fasilitas yang banyak digunakan oleh pengunjung seperti tombol lift, hand rail eskalator, dan fasilitas lainnya.

7. Memastikan setiap pengunjung untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan yang diterapkan oleh mal, yaitu mencuci tangan, menggunakan masker dengan baik dan benar, serta menjaga jarak.

8. Membatasi jumlah pengunjung.

9. Mendirikan Posko PAM Mall di Palembang Icon, Palembang Square dan PSX bekerja sama dengan Polda, TNI, POLRI, dan Gugus Tugas Kota Palembang.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Martapura FC Juara U-14 dan Arema Malang Juara Women Sriwijaya FC, Ini Pesan Wagub MY

Palembang, Detik Sumsel – Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya menginginkan perhelatan turnamen berbagai cabang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *