Beranda Daerah Koramil 402-01/Tanjung Lubuk Panen Padi Perdana di Desa Mulyaguna

Koramil 402-01/Tanjung Lubuk Panen Padi Perdana di Desa Mulyaguna

Tanggal : Pukul :
132
0
Istimewa

Kayuagung, Detik Sumsel — Komando Rayon Militer (Koramil) 402-01/Tanjung Lubuk melangsungkan panen padi perdana di lokasi cetak sawah Desa Mulyaguna, Kecamatan Teluk Gelam, OKI, Jimat (1/2).

Kegiatan tersebut diikuti anggota Koramil pimpinan Danramil 402-01/Tanjung Lubuk-Teluk Gelam Kapten Inf Safaruddin, Kapolsek Teluk Gelam Iptu Zulkarnain, SH, Sekdes Mulyaguna, Muhair, Perwakilan Dinas Pertanian, Kuseri), PPL dan petani yang tergabung dalam kelompok tani “Lebak Bunut 1”.

Sebelum melaksanakan panen perdana, dilakukan pengambilan sample perkiraan padi yang akan dihasilkan dalam setiap hektarnya (Kg/Ha GKP)

“Pemerintah saat ini telah meluncurkan program pertanian seperti cetak sawah, upsus, optimalisasi lahan dan irigasi, PTT, sergap dan sebagainya demi mensejahterakan kehidupan rakyat dan mengentaskan kemiskinan masyarakat Indonesia,” kata Danramil 402-01/Tanjung Lubuk-Teluk Gelam Kapten Inf Safaruddin.

Bukan itu saja, pemerintah juga menyalurkan bibit, pupuk, racun hama bahkan alat pertanian kepada para petani.

Untuk itu, timbal balik yang harus dilakukan oleh petani adalah dengan bekerja bersungguh-sungguh, tekun dan ikhlas agar bantuan yang telah diberikan oleh Pemerintah tersebut tidak sia-sia dan bisa mencapai hasil pertanian yang maksimal.

Danramil juga menghimbau kepada para petani apabila selesai panen nanti, agar gabahnya disisihkan minimal 5% untuk dijual kepada pemerintah (Bulog), karena disamping untuk memenuhi ketahanan pangan nasional, Bulog juga akan menyalurkan beras tersebut kepada masyarakat yang tidak mampu dalam program bantuan Raskin.

“Jadi gabah yang dijual tadi akan kembali lagi kepada saudara-saudara kita yang tidak mampu dan sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah. Secara tidak langsung bapak dan ibu sekalian juga sudah membantu saudara-saudara kita sendiri,” tuturnya.(Iyan)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here