Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Istimewa

Kontrol Rabies, 1200 Vaksin Siap Disalurkan

Lahat, Detik Sumsel — Tenanggulangi penyakit rabies pada anjing milik warga. Bidang Kehewanan Dinas Pertanian Lahat, siapkan 1200 dosis vaksin, untuk disalurkan ke seluruh hewan jenis anjing dan kucing milik masyarakat Kabupaten Lahat.

Kabid Keswan Lahat, Ir Nursiwan, mengatakan kendati Lahat bukanlah wilayah endemik penyakit rabies, pihaknya akan terus melakukan pengontrolan. Mengingat beberapa wilayah seperti di Kecamatan Muara Payang, Tanjung Sakji, Jarai, dan Kota Agung, hewan jenis anjing banyak dipelihara masyarakat sebagai penjaga kebun.

“Pencegahan penyakit rabies pada anjing, tetap mengandalkan vaksinasi. Belum kita temukan ada anjing yang fositif rabies, kalaupun ada tetap diberikan vaksin. Karena aturan perlindungan hewan, tidak memperbolehkan untuk dilakukan eliminasi atau dibunuh,” ujar Nursiwan.

Baca Juga :   Tambah Satu Positif Covid-19, Jumlah Pasien Muba Jadi Tujuh Orang

Bukan hanya mengontrol hewan peliharaan masyarakat, pengontrolan terhadap anjing liar juga dilakukan. Guna meningkatkan kewaspadaan akan munculnya gigitan anjing yang menyebabkan penyakit rabies pada manusia. Selain itu juga untuk mengontrol populasi anjing liar, yang ada di wilayah Kabupaten Lahat.

“Paling tidak tiap enam bulan satu kali, atau satu tahun satu kali. Belum ada laporan kejadian, gigitan anjing rabies. Kita ingatkan kepemilik hewan untuk tidak lupa vaksin, bisa juga datang langsung ke kantor. Stok vaksin di kita, cukup banyak,” ujar Dokter Hewan, drh Hida. (heru).

Baca Juga :   Antisipasi Karhutlahbun, Dodi Pantau Hot Spot Lewat Udara
H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Plt Bupati Muara Enim H Juarsa SH saat bersaksi di Sidang OTT PUPR Muara Enim Di PN Klas 1 A khusus Tipikor Palembang, Selasa (20/10) Detik Sumsel.com, Putra

Bantah Terima Fee, Plt Bupati Muara Enim Mengaku Difitnah

Palembang, Detik Sumsel,- Setelah namanya disebut beberapa saksi dipersidangan lalu,  Plt Bupati Mauara Enim H …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *