Gran Fondo

Konsumsi Ikan Masyarakat OKU Masih Kurang, Pemkab Sosialisasikan Gemar Makan Ikan

Baturaja, Detik Sumsel – Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) bekerjasama dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) menggelar Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), Kamis (20/9).

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Baturaja dihadiri oleh Asisten II Setda OKU Fahrudin Rozi SE  MM, Ketua Forikan OKU Hj Badiar Dewi Kuryana, Wakil Ketua TP PKK OKU Hj Henny Johan ST, para pelajar dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Perikanan Dan Peternakan Ir Tri Aprianingsih dalam laporannya menyampaikan kegiatan Gemarikan ini merupakan program nasional yang dicanangkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan RI sejak tahun 2006, kegiatan ini merupakan suatu gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang tepat agar terbentuk masyarakat Indonesia yang sehat, kuat dan cerdas.

Tujuan kegiatan Gemarikan ini lanjut Tri, dalam rangka mengajak lapisan masyarakat terutama anak-anak generasi penerus bangsa untuk gemar makan ikan. “Mengingat ikan memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan anak-anak, selain itu, kegiatan ini untuk meningkatkan konsumsi ikan ditengah masyarakat” Tuturnya.

Baca Juga :   Sekda Minta Komunitas SKIn Kembangkan Sport Tourism

Disebutkan Tri, angka konsumsi ikan di OKU tahun 2016 berada di level kuning atau sedang dengan tingkat konsumsi sekitar 34,06 Kg/kapita/tahun. Sedangkan target nasional harus level hijau yakni 45 Kg/Kapita/tahun.

“Kita harus punya program khusus yang dapat meningkatkan konsumsi ikan dimasyarakat, salah satunya kita gelar sosialisasi ini” imbuhnya

Peserta kegiatan sosialisasi ini berasal dari para pelajar yang mewakili sekolah masing-masing ditanbah dengan guru pendamping, serta organisasi kewanitaan, seperti TP PKK dan GOW.

“Diharapkan nanti output dari kegiatan ini anak-anak bisa mensosialisasikan gemar makan ikan disekolah masing-masing serta para ibu-ibu PKK diharapkan pada setiap kesempatan untuk mensosialisasikan hal ini” harapnya.

Baca Juga :   Bentuk D3 Kelapa Sawit, Muba dapat Dukungan Penuh BPDPKS

Sementara itu, Asisten II Setda OKU Fahrudin Rozi yang membacakan sambutan tertulis Bupati OKU menyampaikan, kegiatan ini penting untuk mengembangkan budidaya konsumsi makanan yang bergizi dan berkualitas yang dalam hal ini adalah protein hewani yang berasal dari ikan.

“Kepada anak-anakku mari sejak dini tanamkan dalam diri kalian untuk gemar makan ikan, karena ikan mengandung banyak gizi yang sangat baik untuk pertumbuhan perkembangan dan membangun kecerdasan serta daya tahan tubuh” ungkapnya.

Diakui Fahrudin, kebutuhan bahan pangan berupa ikan di didaerah OKU sebagian besar masih disuplai dari daerah lain. Langkah konkrit untuk meningkatkan produktifitas hasil perikanan perlu terus diaktualisasikan secara optimal meskipun OKU tidak bercirikan kelautan.

“Namun potensi perikanan darat dalam arti perairan sungai dan perairan buatan sebagai habitat pengembangan ikan masih bisa kita andalkan” Tukasnya. (fei)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Feriandi

Avatar

Check Also

Investasi Melebihi Target, OKI Diganjar Reward

Kayuagung, Detik Sumsel — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI melalui Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *