Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Tim Gegana Brimob Polda Sumsel saat melakukan penyisiran di komplek TNI Jalan Sederhana I Palembang Foto: Muhammad Tohir

Komplek TNI Jalan Sederhana I Diteror Bom

Palembang, Detik Sumsel — Komplek TNI di Jalan Sedehana 1 RT 16 RW 005 Kelurahan Talangan Aman, Kecamatan Kemuning Palembang Senin (9/12) mendadak heboh.

Pasalnya salah satu rumah dikomplek ini diisukan isukan ada bom yang diletakkan orang tak dikenal. Akibatnya warga sekitar warga pun menjadi panik lalu melapor ke pihak kepolisian.

Mendapat laporan tersebut, Polsek Kemuning meminta bantuan dari Gegana Brimob Polda Sumsel untuk menyisir dengan alat pendeteksi bom di salah rumah yang diteror bom tersebut.

Tim Gegana yang datang ke lokasi langsung memasang police line serta melakukan penyisiran dibeberapa rumah yang berada di komplek, termasuk pintu masuk di depan komplek pun tak luput dari penyisiran.

Terlihat, ada beberapa personil yang menyisir di dalam komplek tersebut. Sedangkan, satu personil lain berjaga di depan pintu masuk agar tidak ada orang yang masuk ke dalam komplek selama penyisiran dilakukan.

Terlihat pula, mobil Gegana yang stanby di dalam komplek. Dengan menggunakan peralatan deteksi bom, personil Gegana Brimob Polda Sumsel melakukan penyisiran terkait isu adanya bom di dalam komplek tersebut.

Sunariah (65), pemilik rumah mengatakan sebelumnya memang ada seseorang yang menelepon anaknya dan mengatakan akan meledakan bom di depan rumahnya. Karena penasaran, akhirnya ia mengecek di sekitar rumahnya.

Baca Juga :   Bupati OKI Dorong Upaya Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

“Saya cek, ternyata ada tas ransel di depan rumah dekat sumur. Penasaran, aku sempat buka dan terlihat ada kabel dan pipa,” ujarnya.

Sunariah yang penasaran sempat akan membuka tas tersebut. Namun, dilarang oleh anaknya karena sudah terlihat ada kabel dan pipa dari dalam tas ransel tersebut. Lalu Sunariah memutuskan untuk melaporkan temuan tas ransel tersebut ke ketua RT.

“Setelah itu ketua RT, langsung melapor ke polisi. Dan Gegana juga datang dan mengamankan tas itu. Mereka juga telah menyisir seluruh bagian rumah, untuk mencari barang lain yang mencurigakan,” katanya.

Tim Gegana langsung mengamankan tas ransel tas tersebut langsung dibawa ke mobil Gegana. Lalu dimasukkan kedalam drum yang berada di mobil Gegana setelah itu tas oleh tim Gegana langsung diledakan.

“Tidak tahu bom benar atau tidak. Karena, tadi dimusnahkan Gegana,” katanya.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi mengatakan berdasarkan laporan ketua RT dan anak korban di Polsek Kemuning anggota langsung mendatangi TKP untuk melakukan pengecekan dibantu dari tim Gegana Polda Sumsel.

Baca Juga :   Debat Capres, Pengamat: Penting Bagi Masyarakat Indonesia

Setelah dicek ternyata tas ransel warna hitam memang berisikan kabel dan pipa. Karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan, dilakukan pemeriksaaan lebih lanjut di mobil Gegana.

“Setelah diperiksa lebih detil, ternyata tas itu hanya berisikan kabel dan pipa saja. Bukan berisi bom berdasarkan teror dari si penelepon,” ujar Supriadi.

Karena akan membuat cemas, tas berisikan kabel dan pipa tersebur, diputuskan untuk dimusnahkan tim Gegana Brimob Polda Sumsel.

Menurut Supriadi, bila teror ini karena berlatar belakang masalah usaha tour and travel umroh. Pelaku diduga tidak senang dengan usaha yang digeluti Sunariah yang terlihat lebih maju.

“Ini diduga orang yang kenal sama pemilik rumah. Karena, sebelumnya sempat menelepon dan meneror bila ia sudah meletakan bom di rumah. Dari keterangan pemilik rumah, ada yang tidak senang usahanya maju,” ujar Supriadi.

Meski bukan bom yang sebenarnya diletakan di depan rumah Sunariah, tetapi dengan teror yang ada dan sudah meresehakan masyarakat, Menurut Supriadi kasus ini tetap akan dilakukan penyelidikan.

“Nanti, siapa pelakunya baru bisa ketahuan. Setelah penyidik melakukan penyelidikan dan memeriksa saksi-saksi,” ujarnya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Fauzi

Avatar

Check Also

Merger Tiga Bank Syariah Targetkan Top 10 Terbesar di Dunia

Palembang, Detik Sumsel – PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS), PT Bank Syariah Mandiri (BSM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *