Detik
Anggota Komisi IV DPRD Lahat, Nopran Marjani. Foto Heru/DS

Komisi IV DPRD Lahat Dukung Rumah Sakit dan Puskesmas Kelola Limbah Medisnya

Lahat, Detik Sumsel — Terkait penanganan limbah medis yang ada di lingkungan rumah sakit, Puskesmas maupun klinik kesehatan di Kabupaten Lahat. Nopran Marjani, anggota Komisi IV DPRD Lahat mengatakan, limbah medis memang perlu penanganan khusus, mulai dari awal setelah pemakaian hingga ke pemusnahan. Pihak terkait seperti Dinas Kesehatan dan RSUD Lahat, seyogyanya sudah menyiapkan tempat penampungan sementara limbah medis tersebut.

“Selaku komisi yang membidangi bagian kesehatan, kita sangat mendukung soal penanganan limbah medis. Bila perlu bisa dikelola langsung oleh Pemerintah Daerah, hingga ke proses kepemusnahan,” ujar Nopran Marjani, Kamis (10/10).

Baca Juga :   Pemkab Lahat Tunggu Instruksi Mendagri

Politisi Partai Gerindra ini juga menyarankan, Pemkab Lahat bisa mengejar izin dari Kementerian Lingkungan Hidup, untuk penggunaan mesin insenerator (pemusnah limbah medis). Mengingat Dinas Kesehatan, RSUD Lahat, dan Puskesmas Bandar Jaya Lahat, sudah memiliki mesin insenerator tapi masih belum digunakan.

“Nanti kita panggil pihak terkait untuk duduk bersama, mencari tahu kondisi di lapangan seperti apa. Bila perlu kita sama-sama kejar izin penggunaannya di kementerian, biar tidak menggunakan pihak ke 3 lagi untuk pemusnahan,” kata Nopran Marjani. (heru)

Baca Juga :   Pelaku Pembunuhan Sujono di Lorong Jambu Menyerahkan Diri
H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Lemdiklat Polri Bahas Sinergitas Institusi di Masa Pandemi Secara Semi Virtual

Palembang, Detik Sumsel — Di masa pandemi Covid-19, Sespimma Sespim Lemdiklat Polri menggelar Webinar Sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *