Iklan

Detik
Pemprov
Juru bicara Komisi II DPRD Lahat, Dedi Candra sampaikan usulan raperda inisiatif, Foto Heru/DS.

Komisi II Usulkan Raperda Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Lahat, Detik Sumsel – Empat usulan rancangan peraturan daerah (Raperda) disampaikan anggota DPRD Kabupaten Lahat kepada Bupati-Wakil Bupati Lahat. Empat rancangan raperda itu tertuang dalam sidang paripurna VII masa persidangan ke dua tahun sidang 2020-2021, dalam rangka membahas perda inisiatif DPRD Kabupaten Lahat.

Salah satu raperda yang diusulkan yakni tentang tanggung jawab sosial lingkup perusahaan. Dedi Candra selaku juru bicara Komisi II DPRD Lahat mengatakan, hasil kajian pihaknya hingga saat ini belum ada aturan tegas, yang mengharuskan perusahaan untuk mengeluarkan tanggung jawab sosialnya.

Baca Juga :   Ditreskrimsus Polda Sumsel Ajak Kaum Milenial Jaga Lingkungan dan Cegah Karhutla

“Sudah sepatutnya perusahaan lebih mengedepankan pentingnya tanggung jawab sosial ke masyarakat. Tapi jarena ridak ada aturan yang jelas, Pemkab Lahat tidak bisa bertindak tegas kepada perusahaan yang enggan menjalankan hal tersebut,” tegas Dedi Candra,bSelasa (20/4).

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, mulai dari perusahaan tambang batubara, migas, PLTU, melakukan aktifitas penambangan, pengangkutan dan penjualan hasil bumi Kabupaten Lahat. Untuk itu sudah sepantasnya perusahaan memberikan tanggung jawab besar untuk Kabupaten Lahat.

“Nyatanya belum ada perusahaan yang lakukan reklamasi, dan menjalankan rencana pasca menambang. Saat ini sudah ada perusahaan yang asal meninggalkan lokasi ex pertambangan,” bebernya.

Baca Juga :   Hendak Pergi Kondangan, Nenek dan Cucu Tewas Kecelakaan

Tiga raperda lainnya yang disampaikan oleh masing-masing jubir, diantaranya Komisi I mengusulkan raperda inisiatif tentang penyelenggaraan kearsipan, Komisi III mengusulkan raperda inisiatif tentang pengelolaan sampah, Komisi IV mengusulkan raperda inisiatif tentang penyelenggaraan ibadah haji.

“Raperda ini bisa diajukan oleh anggota DPRD Lahat, kemudian dibahas dan mendengarkan pandangan fraksi terkait empat usulan raperda tersebut,” ujar Sri Marhaeni Wulansih SH, selaku pimpinan sidang paripurna. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Usai Apel Pagi, Perwakilan Personel Polda Sumsel Tes GeNose Covid 19

Palembang, Detik Sumsel — Lebaran idul fitri hari keempat Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *