Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Penandatanganan MoU antara Telkomsel dengan BUMD Pemprov Babel PT.Bumi Bangka Belitung Sejahtera (B3S). (Maya/detiksumsel.com)
Penandatanganan MoU antara Telkomsel dengan BUMD Pemprov Babel PT.Bumi Bangka Belitung Sejahtera (B3S). (Maya/detiksumsel.com)

Kolaborasi B3S, Telkomsel Kembangkan Teknologi Digital LoT Sektor Pertanian

Palembang, Detik Sumsel – Telkomsel sebagai digital telco company terus berupaya mengakselerasikan negeri dan mendorong penerapan teknologi untuk membangun ekosistem digital diberbagai sektor.

Kali ini, Telkomsel menjalin kolaborasi Bersama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bangka Belitung, PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera (B3S), untuk pengembangan solusi digital untuk sector industry pertanian, sektor perdagangan serta pengembangan infrastruktur.

Kolaborasi Telkomsel dan B3S ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Sinergi Pengembangan Ekosistem Digital Bangka Belitung di Kantor Gubernur Bangka Belitung.

Penandatanganan MoU ini juga turut disaksikan oleh Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan.
Vice President Synergy Management Telkomsel, Rudolf Hermanses.

“Kami menyambut baik kolaborasi dengan PT.B3S . Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi Bangka Belitung, yang telah memberikan kepercayaan kepada Telkomsel. Untuk menjadi penyedia solusi digital di berbagai lini industry di Bangka Belitung,” terang Rudolf Hermanses, Minggu (29/12).

Dengan kolaborasi ini dia berharap, Telkomsel berkesempatan untuk terus bergerak maju dan mengakselerasikan negeri. Khususnya dalam mendorong kemajuan industri pertanian, perdagangan serta pembangunan infrastrunturk di Bangka Belitung melalui pemanfaatan teknologi tepat guna.

Dia menjelaskan, kolaborasi antara Telkomsel dengan BUMD PT. B3S dalam penerapan teknologi digital IoT di sektor pertanian tersebut. Untuk meningkatkan produktifitas 5 komoditas potensial di Bangka Belitung, seperti lada, karet, kelapa, kelapa sawit dan kopi.

Penerapan teknologi ini dilakukan bersama dengan partner strategis IoT Telkomsel dibidang pertanian, Habibi Garden. Selain itu, Telkomsel juga akan melakukan implementasi pemanfaatan teknologi IoT eFishery untuk mengakselerasi bisnis perikanan.

“Disektor perdagangan, Telkomsel akan membantu pengembangan bisnis Berkah Mart, lini bisnis yang berafiliasi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Bangka Belitung. Untuk mendorong adopsi penggunaan sistem digital dalam setiap transaksi,”jelasnya.

Nantinya lanjut dia, Berkah Mart juga akan menjadi rekan penjualan berbagai produk Telkomsel.

Sementara di sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi. Telkomsel akan memberikan dukungan dalam hal sub sektor telekomunikasi, berupa akses telekomunikasi di sepanjang jalur transportasi dan daerah, yang menjadi lokasi implementasi solusi digital di Bangka Belitung.

Akses telekomunikasi ini juga nantinya akan dimanfaatkan Telkomsel dan mitra strategis Banapolis untuk menghadirkan Telkomsel Bike Sharing System, sebuah layanan sewa sepeda digital berbasis GPS.

“Implementasi solusi digital tersebut diharapkan akan membantu BUMD PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera (B3S) serta pemerintah provinsi Bangka Belitung untuk bisa mengembangkan usahanya seraya meningkatkan efisiensi dan produktivitas pada operasional bisnis. Kolaborasi ini juga sejalan dengan misi Telkomsel untuk terus bersinergi dengan pemerintahan dan lintas industri dalam rangka mendorong pemanfaatan teknologi digital”, tambah Hermanses. (May/ril)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Maya

Avatar

Check Also

BI Tetapkan Bunga Acuan 4 Persen, Jaga Stabiltas Nilai Tukar Rupiah

Palembang, Detik Sumsel  – Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga acuannya di posisi 4 persen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *