Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Palembang Klaim Terima 40 Penghargaan Nasional

Klaim Terima 40 Penghargaan Nasional

Tanggal : Pukul :
59
0
Sekda Pemprov Sumsel Nasrun Umar saat memaparkan repleksi 1 tahun kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel periode 2018-2023 di ruang rapat Setda Provinsi Sumsel, Jumat (11/10).

Palembang, Detik Sumsel- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan, Nasrun Umar, mengklaim sejak 1 Oktober 2018 sampai dengan saat ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah menerima 40 penghargaan tingkat nasional.

“Ada 40 penghargaan tingkat nasional yang sudah diterima Sumatera Selatan,” ujar Nasrun Umar saat memaparkan repleksi 1 tahun kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel periode 2018-2023 di ruang rapat Setda Provinsi Sumsel, Jumat (11/10).

Menurut dia, puluhan penghargaan yang sudah diraih itu yakni dalam bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan sebanyak 11 penghargaan. Kemudian, pada bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat ada 21 penghargaan, bidang administrasi dan umum sebanyak 5 penghargaan, dan Tim Penggerak PKK dan Dekranasda ada 3 penghargaan.

“Artinya, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan setiap 9 hari mendapatkan 1 penghargaan. Ini merupakan pemacu semangat kita bersama untuk terus berkarya dalam membangun Sumatera Selatan utamanya demi kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Baca Juga :   Soal OTT Bupati Muara Enim, Herman Deru: Saya Kehilangan Teman

Ia menjelaskan, pembangunan di wilayahnya dilakukan secara utuh baik dari sisi pembangunan fisik dan pembangunan non fisik. Dia menilai, beberapa capaian kinerja dan upaya yang telah dilakukan secara garis besar dikelompokkan dalam 16 sasaran yaitu kemiskinan dan pengangguran, infrastruktur dan konektivitas, pertanian, stabilitas keamanan, kepemudaan dan olahraga, pertumbuhan ekonomi, investasi, industri dan perdagangan, energi, seni budaya dan pariwisata, pembangunan transparan dan akuntabel, gender dan perlindungan anak, pembangunan berwawasan lingkungan, pelayanan publik, aparatur profesional dan berintegritas, pendidikan dan kesehatan.

“Memperhatikan beberapa capaian tadi, kita punya beberapa harapan di tahun 2020, yaitu antara lain percepatan penurunan angka kemiskinan menuju satu digit melalui antisipasi tingkat pengangguran, peningkatan kuantitas dan kualitas bantuan sosial, pemberdayaan ekonomi masyarakat yang lebih tepat lokasi dan tepat sasaran,” tambah dia.

Baca Juga :   JCH Asal OKU Timur dan Palembang Tiba di Asrama Haji

Selanjutnya, kata dia, peningkatan peringkat produksi padi Sumsel di level nasional, kondisi mantap infrastruktur jalan dan jembatan meningkat dan merata, akses sanitasi dan air bersih meningkat, UHC di seluruh kabupaten dan kota.

Dia pun menambahkan, zero konflik, kerukunan beragama dan harmonis kehidupan sosial, percepatan peningkatan IPM dari kategori sedang menjadi kategori tinggi. Menurutnya, dalam upaya mencapai target-target pembangunan perlu diiringi dengan pengelolaan keuangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang baik dan sehat.

“APBD Provinsi Sumsel dalam kurun waktu 7 tahun terakhir mencapai nilai tertinggi pada 2019 sebesar Rp 10,5 triliun atau meningkat senilai Rp 1,3 triliun dari APBD di tahun 2018,” ujarnya.(tet)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here