Beranda Pendidikan KKN di SMAN 12, Mahasiswa Unpal Sampaikan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

KKN di SMAN 12, Mahasiswa Unpal Sampaikan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Tanggal : Pukul :
107
0
Mahasiswa Universitas Palembang berfoto bersama siswa siswi SMA Negeri 12 Palembang usai kegiatan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba, kenakalan remaja dan pemimpin yang amanah

Palembang, Detik Sumsel — Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Fakultas hukum Universitas Palembang angkatan XXXIII di SMA Negeri 12 Lorong Pancasila, Kelurahan Karang Jaya, Kecamatan Gandus Palembang Sabtu (2/3) disambut baik oleh seluruh siswa siswi.

Dalam KKN ini mahasiswa mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba, kenakalan remaja dan pemimpin yang amanah kepada para siswa dan siswi.

Sosialisasi bahaya narkoba disampaikan Bambang Irawan mahasiswa Unpal yang juga anggota Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel. Untuk sosialisasi kenakalan remaja disampaikan Aiptu Heri Kusuma Jaya atau dikenal dengan Katim Heri Gondrong Katim I Unit I Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel.

Bambang Irawan memaparkan di Sumsel khususnya dan Indonesia umumnya peredaran maupun penyalahgunaan narkoba di Sumsel sudah cukup memprihatinkan, dari semua kalangan semua terjerat dengan namanya narkoba baik sebagai pemakai maupun pengedar.

Baca Juga :   20 Tahun Rusak, Jalan Tanjung Temiang Diperbaiki

“Kepada adik untuk menjauhi dan tidak mencoba coba menggunakan narkoba. Tapi kalau melihat ada peredaran atau pun penyalahgunaan narkoba segera laporkan kepada aparat setempat minimal ketua RT,”katanya.

Dihadapan para siswa dan siswi Heri Gondrong mengatakan banyak pelaku kriminalitas di Indonesia dilakukan oleh remaja, mengapa remaja banyak terlibat tindak kriminalitas. Menurutnya ada beberapa faktor yang menyebabkan remaja terlibat tindak kriminal. Diantaranya pergaulan yang salah, dan pengaruh narkoba serta pengaruh dunia maya.

“Pergaulan yang salah bisa menjerumuskan kita kedunia kriminalitas, begitu juga penyalahgunaan narkoba. Kedua faktor inilah yang berujung seseorang melakukan tindakan kriminalitas. Untuk mau sukses mau pintar jauhi dan narkoba dan pergaulan yang salah,”pesannya.

Jika sudah menjadi pelaku kriminalitas, ujung ujungnya akan berhadapan dengan hukum yang rugi diri sendiri dan mendapat malu keluarga dan orang tua.

Baca Juga :   Bawaslu OKU Tertibkan APK Caleg Yang Terpasang di Billboard

“Polisi dalam menegakkan hukum tidak pandang bulu, meskipun remaja kalau terlibat kriminalitas pasti ditindak,”jelasnya.

Sementara itu, Wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMAN 12 Palembang Priyanto menyambut baik KKN yang dilakukan oleh mahasiswa Unpal apalagi dalam KKN kali ini mahasiswa menyampaikan bahaya penyalahgunaan narkoba, kenakalan remaja dan pemimpin yang amanah.

“Pihak sekolah sangat mendukung kegiatan KKN ini, dengan diberikan pemahaman bahaya penyalahgunaan narkoba siswa siswi bisa mengetahui bahaya dari penyalahgunaan narkoba dan akibat dari kenakalan remaja,”ujarnya.

Selain penyuluhan dari pihak luar sekolah terkait bahaya penyalahgunaan narkoba, pihak sekolah juga sering memberikan penyuluhan dan bimbingan terkait narkoba dan kenakalan remaja.

“Pihak sekolah tidak mentoleril siswa yang melakukan tiga pelanggaran diantaranya, tawuran, seks bebas hingga narkoba siswa yang terbukti melakukan tiga hal ini akan kami keluarkan dari sekolah,”terangnya.(oji)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here