Detik
Pemprov
Warga membantu penyiraman rumah Saripudin yang ludes terbakar, Foto Istimewa.

Kisah Heroik Bocah 10 Tahun Selamatkan Neneknya dari Kobaran Api

Lahat, Detik Sumsel – Kecintaan Cahaya (10) terhadap neneknya Marli (50) menggetarkan hati warga Desa Kebun Jati, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Lahat. Pasalnya selain menjaga neneknya yang sedang dalam kondisi sakit, Cahaya juga berusaha membawa keluar neneknya ketika api mulai melahap rumah berukuran 4×6 meter tersebut.

Kejadian itu bermula Senin (1/3), sekitar pukul 20.15 WIB. Saat itu Cahaya ditinggal berdua menjaga Marli, kakeknya Saripudin (50) sedang keluar ke tempat hajatan. Cahaya yang belum terlelap tidur tiba-tiba melihat api mulai menyambar dinding rumah bagian dapur. Cahaya lantas ke luar rumah, berteriak meminta tolong kepada warga sekitar. Warga pun langsung menerobos masuk ke dalam rumah, dan berupaya mengeluarkan Marli.

Baca Juga :   H Askolani : Saya Kuat Karena Anak-Anak

“Tidak ada korban jiwa, beruntung cucu pemilik rumah cepat melihat ada api dan meminta tolong kepada warga,”terang Kapolres Lahat, AKBP Achmad Gusti Hartono SIK, melalui Kapolsek Kota Agung, Iptu Hendrinadi SH MH, Selasa (2/3).

Api diduga berasal dari arus pendek listrik, menyambar dinding dapur dan menyambar selang tabung gas yang berada di bagian dapur. Sayangnya dengan peralatan seadanya dari warga, pertolongan warga dalam menjinakkan api membutuhkan waktu lama, sekitar pukul 24.00 WIB api baru berhasil dijinakkan. Akibat kejadian itu, seisi rumah beserta dua unit sepeda motor ludes terbakar.

Baca Juga :   Langgar Protokol Kesehatan Covid 19, Klub Malam Arena 9 Di Police Line

“Kerugian ditaksir puluhan juta rupiah. Kami imbau ke masyarakat sebelum meninggalkan rumah pastikan dahulu lampu atau listrik sudah dimatikan. Selain itu, jangan memasang lampu tidak menggunakan meteran alias mencuri, karena tidak ada pengaman arus listrik yang digunakan,” imbau Hendrinadi. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Dodi Reza Bantu Alat dan Kostum Drumband MA Raudhatun Nasihin 

Sekayu, Detik Sumsel – Senyum sumringah dan raut wajah bahagia tampak jelas dari Kepala Madrasah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *