Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Nasional Ketua MK Harapkan Peran Media, dalam Peningkatan Hak Konstitusional Warga Negara

Ketua MK Harapkan Peran Media, dalam Peningkatan Hak Konstitusional Warga Negara

Tanggal : Pukul :
440
0
Ketua Mahkamah Konstitusi Dr. Anwar Usman

Cisarua, DetikSumsel – Memberikan peningkatan pemahaman hak konstitusional warga negara, Mahkamah Konstitusi (MK) bersama Dewan Pers, memberikan pelatihan ratusan Wartawan se-Indonesia di Cisarua Bogor Jawa Barat, di mulai dari tanggal 22 sampai 25 April.

Kegiatan ini merupakan langkah strategis untuk melakukan revitalisasi, reaktualisasi, dan reinternalisasi implementasi nilai-nilai Pancasila sekaligus untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran masyarakat mengenai hak konstitusional warga negara yang dijamin UUD 1945.

“Kegiatan selama 4 hari ini, di ikuti 118 wartawan se-Indonesia dari berbagai media, baik cetak, elektronik maupun online,”terang Sekretaris Jendral Mahkamah Konstitusi M.Guntur Hamzah dalam laporannya selaku ketua panitia, Senin malam (22/4).

Baca Juga :   Dewan Pers Lakukan Verifikasi SMSI DKI Jakarta

Dalam pembekalan materi lanjutnya, awak media dibekali materi pengetahuan yang lebih dititik beratkan pada peningkatan pemahaman, kemampuan mempraktekkan dan mengaplikasikan.

“Yang jadi tujuan utama, meningkatkan pemahaman dan menyamakan persepsi masyarakat mengenai konstitusi melalui rekan – rekan jurnalis, selaku pemberi informasi,”jelasnya.

Hal senada diutarakan Ketua Mahkamah Konstitusi Dr. Anwar Usman, yang mengajak seluruh jurnalis yang mengikuti pelatihan, untuk dapat menyerap seluruh materi, sehingga kedepan dapat menjadi sumber pengetahuan dalam penulisan berita.

Baca Juga :   Pers Berkualitas Harus Dapat Menjadi Penghangat dan Peredam Pilkada Serentak

“Panitia akan berikan materi tentang penanganan perkara perselisihan Pemilu 2019 berbasis teknologi informasi dan komunikasi, disinlah diharapkan peran para Jurnalis,”jelasnya.

“Yang jelas, saya berharap tulisalah berita sesuai dengan kebenaran, walaupun itu pahit,”sambungnya.

Sementara, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mengucapkan terimakasih, atas kerjasama yang terjalin antara Dewan Pers dan MK. Sehingga, dengan adanya pembekalan seperti ini, para jurnalis menyajikan berita secara akurat, tepat dan berimbang.

“Selamat mengikuti pelatihan, seraplah ilmu sebanyak – banyaknya dari narasumber yang berkompenten,”tandasnya.(Pen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here