Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Warga OKU Timur saat membeli air bersih dari mobil yang datang ke desa mereka

Kesulitan Air Bersih, Warga OKU Timur Terpaksa Membeli

Martapura, Detik Sumsel — Dampak dari musim kemarau yang melanda warga saat ini, banyak faktor di alami masyarakat. Contohnya Masyarakat Dusun 4 Pulau Manis Desa Pulau Negara Kecamatan Buay Pemuka Peliung ini, sudah hampir satu bulan ini masyarakat setempat membeli air untuk kegunaan Mandi Cuci dan Kebersihan (MCK) bahkan untuk kelancaran pembuatan Batu Bata dan Genteng.

Meseran selaku RT Dusun 4 Pulau Manis mengatakan, warga setempat membeli air untuk kegunaan MCK sudah hampir kurang lebih selama satu bulan. Warga setempat membeli air ini dari desa tetangga yang masih memiliki sumur yang belum kering. Menurut Meseran, satu hari satu drum habis. Ini sudah di hemat-hematkan.

Baca Juga :   May Day, KSBSI OKU Harapkan Kesejahteraan Buruh

Selain kegunaan untuk MCK, air ini juga digunakan membantu meleburkan tanah untuk pembuatan batu bata. Dimana memang masyarakat Dusun pulau manis ini di dominasi masyarakat bermata pencaharian sebagai pembuat Batu Bata.

“1 drum itu kita beli RP. 6.500 dari penjual, sekali beli itu minimal 6 drum hitung saja pak berapa biaya yang mau kita keluarkan. Satu minggu sekali kita beli, terpaksa ini sudah kebutuhan. Sedangkan kondisi ekonomi saat ini tau sendiri paceklik,” ucap Meseran (Rabu, 10/10).

Meseran mengatakan, warga dusun Pulau Manis tidak menyeluruh memiliki sumur, hanya beberapa saja. Sumur yang ada pun sudah mengalami kekeringan selama kurang lebih satu bulan. Sebagian warga saat ini memanfaatkan air di sawah untuk mandi, namun air tersebut enggan di konsumsi warga khawatir mengandung unsur penyakit.

Baca Juga :   PMI OKU Turun Ke Jalan Bagikan Masker Gratis

“Kita berharap betul mas kalau ada bantuan sumur bor umum, supaya nanti masyarakat bisa menggunakan pipa untuk menyambung rumah ke rumah. Kalau seperti ini terus menerus saat musim kemarau ya kasian bagi kita berpenghasilan rendah ini, usaha bata ini juga belum tentu langsung laku,”ujarnya.(rdn)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Eko Dedi Atmaja

Avatar

Check Also

Selain Pelanggaran Lalin, Ini Target Ops Zebra Tahun 2020

Pagaralam, Detik Sumsel – Terhitung sejak hari ini, Senin (26/10) sampai dengan 8 November 2020 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *