Beranda Liputan Khusus Kerbau Rawa Bisa Tekan Karhutlah

Kerbau Rawa Bisa Tekan Karhutlah

Tanggal : Pukul :
142
0
Keberadaan kerbau rawa di lahan gambut diakui bisa menjadi salah satu upaya menekan karhutlah saat masuk musim kemarau.

Lipsus, Detik Sumsel – Badan Restorasi Gambut (BRG) terus berupaya memaksimalkan menjaga dan pengelolaan lahan gambut, terlebih di Sumsel yang tercatat sekitar 20 persen dikelilingi lahan gambut.

Upaya pengelolaan lahan gambut ini di implementasikan BRG Pusat bersama Pemprov Sumsel untuk melakukan kembang biak kerbau rawa yang saat ini sudah dilakukan di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin.

“Pendirian Swamp Buffalo Center di Rambutan Banyuasin ini juga bisa menekan potensi karhutlah di lahan gambut, jadi populasi kerbau rawa terjaga dan karhutlah bisa diminimalisir,” ungkap Kepala BRG Pusat Ir Nazir Foead MSc di sela mengunjungi Swamp Buffalo Center di Rambutan Banyuasin beberapa waktu lalu.

Baca Juga :   Pesan Tiket Pesawat Sejak Tahun Lalu
Kepala BRG Pusat Ir Nazir Foead MSc di sela mengunjungi Swamp Buffalo Center di Rambutan Banyuasin beberapa waktu lalu.

Menurutnya, keberadaan swamp buffalo center juga dapat menjadi andil meningkatkan kesejahteraan warga peternak kerbau khususnya di wilayah Rambutan Banyuasin.

“Buffalo center ini juga bisa menjadi pusat destinasi wisata yang diminati masyarakat luas,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk pengembangan fasilitas buffalo center ini BRG Pusat akan memetakan alokasi anggaran dan akan di support Pemprov Sumsel melalui dana APBD.

Baca Juga :   Disdikbud OI : Untuk Peningkatan Kompetensi Guru

“Ini satu-satunya swamp buffalo center di Indonesia jadi harus kita tingkatkan fasilitasnya untuk jadi percontohan pusat pengembangan kerbau rawa dan lahan gambut,” terangnya. (tet)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here