Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel

Kepemilikan Surat Tanah, Hambat PTSL di Lahat

Lahat, Detik Sumsel — Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Lahat, tahun ini menyediakan kuota sebanyak 7000 sertifikat tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL). Tersebar di Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Tanjung Sakti Pumu, Kecamatan Mulak, dan Kecamatan Gumay Ulu.
Hanya saja, kenyataan di lapangan banyak masyarakat yang tidak melengkapi persyarakat. Seperti tidak memiliki Surat Hak Milik (SHM) atas tanah. Sehingga jadi kendala pihak BPN Lahat untuk menerbitkan sertifikat yang diberikan secara gratis ini.
“90 persen masyarakat yang mengajukan, rupanya tidak mempunyai surat tanah (bukti kepemilikan atas hak tanah),” ujar Kepala BPN Lahat, Ir Romanus Noor Widarto, Rabu (5/9).
Bukan hanya itu, kendati pihaknya sudah melakukan jemput bola ke tengah masyarakat. Bahkan terus melakukan sosialisasi. Sampai saat ini pihaknya baru menerbitkan sebanyak 1.700 sertifikat. Faktor lain yang menjadi kendala, sulitnya menemui masyarakat saat melakukan pendataan.
“Masyarakat kita di empat kecamatan ini mayoritas petani. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu di kebun. Jadi waktunya selalu tidak pas. Kita akan terus terjun ke lokasi, agar program ini sukses,” ucapnya. (heru).
H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Baca Juga :   63 SMP di Lahat Masih Ujian Manual
Lakukan Penukaran Uang

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Pulang dari Kebun Hartini Diserang Penjahat Bertopeng

Lahat, Detik Sumsel – Warga Desa Negeri Kaya, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Selasa (20/10) lalu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *