Iklan
Pemprov
Mobil pelat luar Lahat putar balik hendak lakukan perjalanan mudik. Foto Istimewa.

Kendaraan Plat Luar Masuk ke Lahat Langsung Disuruh Putar Balik

Lahat, Detik Sumsel – Sejumlah kendaraan berpelat luar Kabupaten Lahat terjaring razia penyekatan, di Jalan Lintas, Desa Muara Siban, Kecamatan Pulau Pinang, Lahat. Sejumlah kendaraan itu dipaksa putar balik arah oleh petugas, karena diduga hendak melakukan perjalanan mudik.

Kendaraan yang diberhentikan rata-rata kendaraan pribadi, truk serta Bus AKAP berpelat nomor luar Kabupaten Lahat, seperti pelat Z, dan B.

Penyekatan dilakukan di Desa Muara Lawai, Kecamatan Merapi Timur, Desa Air Dingin Lama Kecamatan Kikim Barat , Kecamatan Kota Agung, dan perbatasan antar provinsi di Tanjung Sakti – Manna.

Baca Juga :   MSI Dukung Pelaksanaan Jamselinas

Seperti dalam surat edaran Permenhub No13 Tahun 2021 tentang peniadaan mudik. Tertulis pengecualian bagi kendaraan pelayanan seperti distribusi logistik, pelaku perjalanan dengan keperluan mendesak atau kepentingan nonmudik, ambulan, mobil jenazah, dan damkar.

“Penyekatan dilakukan pada 6 -17 Mei 2021, nonstop, dan sudah dilakukan sejak Kamis (6/5) pagi. Seluruh kendaraan di luar pelat Lahat langsung diminta kembali, terutama yang terindikasi mengangkut pemudik,” terang Kapolres Lahat, AKBP Achmad Gusti Hartono SIk melalui Kasat Lantas, AKP Adriansyah SE SIK, Kamis (6/5).

Baca Juga :   Delapan Penyebab Anak-Anak Sulit dan Lama Bisa Baca

Namun jelas Adriansyah, aturan itu tidak berlaku untuk kendaraan yang mengangkut ibu hamil dalam kondisi akan melahirkan, orang meninggal, dan pekerja yang disertai surat tugas resmi dari instansi maupun perusahaannya serta surat kesehatan.

“Selain itu ada pengecualian bagi Bus AKAP yang berstiker khusus boleh melintasi, tetap tidak boleh mengangkut pemudik, hanya boleh mengangkut barang dan maksimal 2 orang dengan protap kesehatan,” ucapnya. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Deru : Pejabat PALI Segera Selaraskan Irama, Dimana Gendang Begitu Tari

Palembang, Detik Sumsel – Prosesi pelantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati PALI Ir H. Heri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *