Iklan

Detik
Pemprov
Kadisdik OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd saat mengenakan baju batik khas OKU

Kenali Batik Khas OKU, Ini Motif dan Coraknya

Baturaja, Detik Sumsel – Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu (Disdik OKU) melalui SPNF SKB Disdik OKU terus berinovasi untuk memperkenalkan batik khas OKU ke masyarakat luas khususnya masyarakat OKU.

Inovasi yang dilakukan yakni dengan mengkreasikan motif batik khas OKU yang terdiri dari bunga kangkung, pucuk rebung dan bunga matahari dipadukan dengan tulisan aksara ulu (kagenge) dan gambar naga.

Menurut Teddy, motif gambar naga sengaja dipilih karena naga identik dengan cerita legenda dan cerita rakyat di OKU seperti contohnya Kubangan Naga, Saung Naga dan lainnya. Selain itu lanjutnya Naga melambangkan kewibawaan dan kekuatan.

Baca Juga :   Usai Juarai Kejurnas, IPSI Muba Siapkan Pembangunan Padepokan

“Kita mencoba berkreasi agar batik khas OKU ini lebih menarik dan trendy serta lebih kekinian,” Kata Kepala Disdik OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd saat dibincangi portal ini, jum’at (16/4).

Inovasi pengembangan motif batik khas OKU Ini menjadi salah satu program unggulan SPNF SKB OKU, dalam matif kreasi ini Disdik OKU juga memperkenalkan aksara ulu (Kagenge) ke masyarakat luas.

Dengan kreasi motif yang dilakukan ini Teddy berharap bisa menjadikan batik khas OKU lebih menarik dan digemari oleh masyarakat luas khususnya OKU. “motifny kita padukan sehingga lebih kekinian yang kita harapkan lebih menarik dan bisa diterima oleh masyarakat umum dan kalangan milenial,” harapnya (Fei)

Baca Juga :   Tak Jera, Resedivis Kasus Curas Ini Kena Tembak Lagi
H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Usai Apel Pagi, Perwakilan Personel Polda Sumsel Tes GeNose Covid 19

Palembang, Detik Sumsel — Lebaran idul fitri hari keempat Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *