Gran Fondo

Kemarau, Kodim Lahat Bantu Bangun MCK Untuk Masyarakat

Lahat, Detik Sumsel — Kemarau panjang lagi-lagi buat masyarakat pusing bukan kepalang. Seperti yang dirasakan masyarakat Desa Gemidar Ilir, Kecamatan Pagar Gunung. Merekak ini terpaksa kembali ke zaman bahela, memanfaatkan aliran sungai Payang yang ukurannya kecil, sebagai tempat aktifitas mandi, cuci dan kakus (MCK).

Hal ini diutarakan langsung Kepala Desa Gemidar Ilir, Efranidi (45). Warganya kini terpaksa begitu lantaran sumur-sumur warga mulai mengering. Solusi satu-satunya memanfaatkan aliran Sungai Payang, meskipun debit air mulai mengecil, lantaran di hulu sungai dimanfatkan warga untuk aliran ke irigasi sawah.

Baca Juga :   Rencana Dibubarkan, Inilah Berbagai Pencapaian BRG di Sumsel

“Kalau untuk air minum, warga terpaksa mengambil air yang ada di bukit. Baru tahun ini kondisinya seperti ini,” ujar Efranidi, Jumat (12/10).

Melihat permasalahan tersebut, Kodim 0405 Lahat melalui program Pra TMMD, ambil tindakan cepat membangun tempat pemandian umum yang lokasinya tak jauh dari aliran sungai. Sehingga meskipun kemarau melanda, aktifitas MCK masyarakat tidak lagi fulgar, dilakukan ditempat terbuka berbarengan dengan masyarakat lainnya.

“Kita bangun sama-sama dengan warga sekitar. Jadi tempat mandi dan MCK lebih tertutup,” ucap Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Sungudi, melalui Pasiter, Kapt Inf Agus Subakto.

Baca Juga :   Ramai-Ramai Aremania Muba Galang Dana Tsunami Selat Sunda

Bukan hanya itu, Agus mengatakan rencananya kedepan untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga. Akan dipasangkan pipanisasi sepanjang sekitar 2 km lebih. Dari sumber air di atas bukit, yang dialirkan ke rumah- rumah warga dan bak penampungan di tiap dusun.

“Bukan hanya ke rumah-rumah dan bak penampungan saja. Kita juga berencana akan menyalurkan air bersih ke sekolah-sekolah. Tapi masih harus kita musyawarahkan dulu sama masyarakat,” sampainya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Dua Jam Api Berkobar, Sembilan Rumah Jadi Arang

Palembang, Detik Sumsel — Kebakaran hebat melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Kiai Marogan Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *