Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Pendidikan Keluarga Berperan Tumbuhkan Minat Baca

Keluarga Berperan Tumbuhkan Minat Baca

Tanggal : Pukul :
252
0
diskusi Peran Duta Membaca dan Pemprov Sumsel meningkatkan Literasi Jumat (19/10) di Bina Praja Palembang.

Palembang, Detik Sumsel – Presenter cantik dan populer Najwa Shihab berbicara bagaimana pentingnya membaca bagi keluarga pada diskusi Peran Duta Membaca dan Pemprov Sumsel meningkatkan Literasi Jumat (19/10) di Bina Praja Palembang.

Najwa Shihab yang kini menjadi Duta Baca Indonesia mengatakan bahwa peran keluarga menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan minat baca. Yang mana keluarga terutama ibu dapat mengenalkan budaya membaca buku kepada anak mereka sejak dini.

“Harus ada upaya memasukkan membaca menjadi rutinitas sehari hari,” ungkap saat menyampaikan materi di diskusi tersebut

Dikatakan Najwa, ideal untuk membaca itu 30 menit sehari. Tapi kalau masih belum mampu dapat dibagi
bagi dengan cara dicicil.

“Tidak akan ada ruginya mencicil membaca dan mengumpulkan informasi sampai daya tahan kita untuk membaca menjadi kuat,” terangnya.

Ia pun sedikit bercerita masa kecilnya yang akrab dengan buku.

“Saya mengenal buku sejak saya belum bisa membaca melalui dongeng-dongeng pengantar tidur yang dibacakan oleh ibu saya setiap malam,” ungkapnya.

Putri dari Quraish Sihab ini menceritakan bagaimana dirinya begitu familiar dengan buku dan menjadikan toko buku sebagai tempat yang dikunjungi ketika diajak bepergian keluar rumah baik oleh sang kakak maupun oleh sang ayah.

“Dan itu yang membuat saya jatuh cinta dengan buku dan tidak bisa jauh dari buku,” tuturnya.

Dengan mengemban amanah sebagai Duta Baca Indonesia, Najwa mengatakan, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengkampanyekan minat baca kepada masyarakat selain hanya dengan menghadiri acara yang digelar Perpustakaan Nasional dan Perpustakaan Daerah serta Komunitas Penggiat Literasi.

Ada banyak cara untuk mengkampanyekan literasi ini seperti menjadi provokator dengan memprovokasi orang untuk turun tangan mencetak orang orang yang gemar membaca. Kemudian menjadi penghubung dari satu titik ke titik lainnya.

“Dua tahun saya menjadi duta baca, saya mendekati semua stake holder, mengajak untuk membangun pojok baca pojok baca di kantor mereka. Dan memanfaatkan jejaring yang saya kenal selama 18 tahun menjadi jurnalis, ” katanya.

Lebih lanjut tambahnya, pemanfaatan dana desa tidak hanya melalui pembangunan infrastruktur saja. Pihaknya juga mendorong penggunaan dana desa juga untuk
membeli buku dan menambah skil pustawakan di desa.

“Tidak hanya gedung bagus tapi skli dan kemampuan gurunya untuk mengajak masyarakatnya gemar membaca,” tutupnya.(fir)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here