Detik
Pemprov
Diduga telapak kaki gajah, yang merusak sawah dan kebun sawit milik warga Desa Mulya Agung, Kecamatan Lalan, Kabupaten Musi Banyuasin, Senin malam (22/2) sekira pukul 22.00 WIB. (Istimewah)

Kawanan Gajah Rusak Kebun Warga

Sekayu, Detik Sumsel – Sekelompok kawanan gajah Sumatera merusak kebun milik warga, tepatnya di di Desa Mulya Agung, Kecamatan Lalan, Kabupaten Musi Banyuasin, Senin malam  (22/2) sekira  pukul 22.00 WIB.

Berdasarkan informasi yang berhasi diperoleh, sejumlah warga sempat melihat kawanan gajah terlihat merusak lahan pertanian dan perkebunan. Diperkirakan enam ekor datang dari arah sungai sembilang P.1, dan langsung melakukan pengerusakan.

“Dugaan awal kawanan gajah melakukan pengerusakan, berdasarkan jejak kaki yang diperoleh dilapangan dan kerusakan sejumlah pohon sawit,” terang Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya, SH, S.IK, melalui Kapolsek Lalan  IPTU Nazaruddin Bahar, SE, M.Si saat dihubungi Selasa (23/2)

Baca Juga :   Wabup OKI Optimistis Angka Kemiskinan Turun 1 Digit

Lebih lanjut Nazar  mengatakan kurang lebih 1,5 hektare, tanah persawahan milik warga dan kebun dirusak akibat amukan kawanan Gajah tersebut, dan Kawanan gajah tersebut berhasil dihalau dengan menggunakan obor hingga menjauh dari lahan dan pemukiman warga.

“Guna mengantisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan kami dari Polsek Lalan, bersama warga masyarakat akan melakukan ronda bersama untuk mengantisipasi kembalinya kawanan gajah tersebut,” bebernya.

Nazar juga menghimbau kepada segenap masyarakat agar tidak melukai, ataupun membunuh gaja-gaja tersebut, mengingat hewan ini termasuk dalam satwa yang dilindungi. “Kami sudah menghimbau warga, untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa berdampak hukum,” tutupnya.

Baca Juga :   Bupati Lahat Terima Peralatan Keamanan Informasi dari BSSN

Sementara itu, Camat Lalan, Andi Suharto, S.STP, M.Si membenarkan adanya kejadian pengerusakan kebun oleh kawanan gajah. Saat ini, pihaknya bersama pihak Kepolisian dan TNI melakukan pengawasan disejumlah titik yang dinilai rawan akan serangan kawanan gajah. Selain itu, kondisi tersebut telah dilaporkan dengan Pemkab Muba, guna dilakukan koordinasi dengan Balai Konservasi Daerah.

“Kita sudah laporkan, dan mungkin akan datang dari balai konservasi untuk melakukan pengecekan di lapangan. (edy)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Edy Parmansyah

Avatar

Check Also

Dodi Reza Bantu Alat dan Kostum Drumband MA Raudhatun Nasihin 

Sekayu, Detik Sumsel – Senyum sumringah dan raut wajah bahagia tampak jelas dari Kepala Madrasah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *