Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Kriminal Kasus Karhutla di Sumsel, Polisi Sudah Tetapkan 23 Tersangka

Kasus Karhutla di Sumsel, Polisi Sudah Tetapkan 23 Tersangka

Tanggal : Pukul :
84
0

Palembang, Detik Sumsel — Kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumsel dari Juli hingga September 2019 Polda Sumsel dan Polres jajaran menangani sebanyak 17 laporan polisi dengan 23 orang resmi ditetapkan sebagai tersangka.

“Saat ini yang sudah masuk dalam tahap penyidikan 17 orang. Untuk 23 orang yang sudah dijadikan tersangka sudah ditahan di Polres masing-masing TKP,”kata Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi melalui Kasi Penmas AKBP Ali Ansori Selasa (17/9).

Dijelaskan, Ali Ansori rata rata pelaku Karhutla di Sumsel merupakan pribadi atau per orangan untuk pelaku dari korporasi Polda Sumsel masih melakukan penyelidikan.

“Kasus Karhutla yang paling banyak terjadi diwilayah hukum Polres OKI sebanyak enam laporan polisi dengan sembilan orang tersangka. Sedangkan untuk Polda Sumsel hanya ada satu kasus dan masih dalam tahap penyidikan,”terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Ali, rata rata lahan yang dibakar oleh pelaku bervariasi mulai dari satu hektar sampai dua hektar lebih. “Dari tangan pelaku pembakaran polisi mengamankan barang bukti berupa korek api, bahan bakar minyak dan alat alat yang berkaitan dengan aktivitas pembakaran,”jelasnya.

Untuk para tersangka polisi menjerat dengan Pasal 53 ayat 3 huruf d dan Pasal 78 ayat 3 UU No 41 tahun 1999 tentang kehutanan yang ancaman hukuman penjara paling singkat 3 tahun, paling 10 tahun dan denda 3 sampai 10 miliar.(oji)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here