Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Karena Ini, Taman Kenantan Bui Bakal Dijadikan Pasar Tumpah

Karena Ini, Taman Kenantan Bui Bakal Dijadikan Pasar Tumpah

Tanggal : Pukul :
458
0
Taman Kenantan Buih yang berada di Pasar Dempo Permai Pagaralam.

Pagaralam, Detik Sumsel – Guna menyediakan lahan untuk para Pedagang Kaki Lima (PKL) di pasar Dempo Permai dan Pasar Kambing. Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam bakal menjadikan Taman Kenantan Buih yang merupakan eks Pasar Seghepat Seghendi akan dijadikan penampungan PKL sebagai pasar tumpah.

Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni, mengatakan, jika pihaknya sudah berusaha membuat kawasan Pasar Dempo Permai tersebut rapi. Namun, ‎pengaturan lalulintas susah-susah mudah‎ dilakukan karena banyaknya PKL.

“Bahkan saya sudah meninjau langsung ke pasar Dempo Permai, untuk mengetahui permasalahan yang ada dikawasan tersebut,”ujarnya, Rabu (10/10).

Setelah ditinjau, Sambung Alvian, kawasan pasar, memang masih belum rapi, pasalnya PKL yang masih berdagang di sepanjang badan jalan. Namun, dengan kondisi ini, pihaknya belum bisa menindak PKL karena belum ada tempat. Kalau diusir akan mubazir mengingat mereka akan kembali lagi untuk berjualan ketika petugas tidak ada. Untuk itulah, harus ada solusi agar PKL tidak kembali lagi memenuhi badan jalan yakni tempat berjualan yang layak dan tidak mengganggu pengguna jalan.

‎”Dengan itulah kita berencana akan membangun pasar tumpah di Taman Kenantan Buih. Lahan ini bisa jadi pasar tumpah dan akan dibuat los untuk menampung pedagang,”jelasnya.

Namun, sebelum itu dilakukan dan pedagang masuk kekawasan tersebut, pihaknya akan melihat aturan dan prosedur yang ada sebelum dialihfungsikan. Jangan sampai apa yang akan dilakukan melanggar.

“Sebelum berubah menjadi pasar tradisional, akan dilihat dulu. Kita akan mengecek kondisi lahan untuk menampung PKL agar tidak membuat kesemerawutan dijalan,” kata dia.

Sementara itu, Rita (49) salah satu pedagang menuturkan, sebelum diubah menjadi Taman Kenantan Buih, dilahan tersebut terdapat ratusan kepala keluarga yang menggantungkan hidup diatas lahan yang merupakan Pasar Seghepat Seghendi. Jika akan dibuah pasar atau los kembali pihaknya sangat mendukung.

“Kami memiliki kios diatas lahan Pasar Seghepat Seghendi. Namun, pada saat itu dihancurkan saja dijadikan taman. Jika dijadikan kios lagi, maka kami berharap bisa berjualan lagi disana,”ujarnya.(rendi)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here