Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Kapolres OKI: Humanis Layani Masyarakat, Tegas Kepada Penjahat
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) OKI, Alexsander Bastomi selaku host Cindo mewawancarai Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy terkait kondisi OKI terkini

Kapolres OKI: Humanis Layani Masyarakat, Tegas Kepada Penjahat

Kayuagung, Detik Sumsel — Kapolres Ogan Komering Ilir (OKI) AKBP Alamsyah Pelupessy merupakan sosok yang humanis dalam melayani masyarakat, serta tegas dalam menegakkan hukum.

Pria kelahiran Siri Sori Islam Pulau Saparua Maluku Tengah ini juga dikenal sebagai sosok religius. Sejak penugasannya sebagai Kapolres OKI pada Februari 2020 lalu, Alamsyah menuai simpati masyarakat.

“Ada perwira menengah polisi mengumandangkan azan dengan suara merdu di Masjid Agung Sholihin. Itu kesan mendalam bagi kami warga OKI,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) OKI, Alexsander Bastomi, Selasa (7/7/2020).

Kapolres OKI AKBP Alamsyah menjadi bintang tamu pada diskusi daring yang digagas oleh Diskominfo OKI. Kiprah Kapolres Alamsyah sering mendapat perhatian warga. Seperti halnya dilakukan Kapolres OKI, membantu memanggul warga kurang mampu di Desa Celikah Kayuagung.

Kesan sangar dari pria yang pernah menjabat Kasatgas II Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dittipidnarkoba) Bareskrim Mabes Polri itu pun sirna.

Baca Juga :   Istri Dilecehkan, Suryadi Bacok Paman Hingga Tewas

Saat diwawancara oleh Kadiskominfo OKI selaku host Cindo, Kapolres Alamsyah mengatakan dalam melayani masyarakat, dirinya meminta anak buahnya untuk sepenuh hati dan mengedepankan langkah persuasif.

“Jika kita bisa mengurangi kejahatan tanpa memenjarakan, tentu tindakan hukum jadi alternatif kedua,” tutur Kapolres

Alamsyah mengaku sedih jika harus menjebloskan anggota masyarakat ke penjara, terutama untuk kasus penyalahgunaan narkoba.

Menurut Kapolres, para pengguna obat-obatan terlarang di OKI rata-rata adalah korban.

“Saya miris setiap hari ada warga kita yang terjerat penyalahgunaan narkoba. Sedangkan untuk makan saja mereka susah,” terang Kapolres.

Namun demikian, masih kata Kapolres, pihaknya tidak segan menindak para pengedar dan bandar yang meracuni masyarakat dengan zat psikotripika itu.

“Latar belakang penugasan saya di tindak pidana narkoba. Saya miliki pengalaman berhadapan dengan bandar besar, penyulundup narkotika kelas internasional. Kepada bandar atau pengedar, saya tidak segan,”bebernya.

Pada masa pandemi Covid-19, jajaran Polres OKI terlibat membantu mengatasi dampak pandemi ini. Mulai dari jajaran polres, polsek, sampai babinsa terus mengajak masyarakat disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Baca Juga :   Harta Karun Yang Ditemukan Tidak Boleh Dijual ke Kolektor Asing

Terkait Kesiap siagaan jajaran pemerintah, TNI/Polri dalam menghadapi ancaman bencana karhutlah 2020, Alamsyah meminta setiap pemangku kepentingan melakukan peran optimal dalam melakukan pencegahan.

“Jika semua pihak, termasuk masyarakat bahu membahu, tentu kita akan mampu mrnanggulanginya. Peran serta dan keterlibatan masyarakat sangat penting untuk mencegah karhutlah,” jelas Kapolres.

Bahkan, Polri dan Pemkab OKI akan memperluas kampung-kampung tangkal Covid-19 yang sudah ada menjadi kampung tangkal karhutlah maupun tangkal lainnya.

Kapolres menambahkan pihaknya akan mengedepankan langkah persuasif namun tetap tegas kepada pelaku pembakar lahan. Bahkan orang nomor satu dijajaran Polres OKI ini akan memberi hadiah kepada masyarakat yang membantu petugas melaporkan oknum pembakar lahan.

“Hadiah akan diberikan jika masyarakat membantu pemerintah dan petugas dalam upaya mencegah karhutla,” kata Kapolres.(Iyan)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Darfian Mahar Jaya

Avatar

Check Also

Selamat, 352 Peserta Lulus CPNS Lahat

Lahat, Detik Sumsel — Seleksi penerimaan CPNS Kabupaten Lahat Tahun 2019 yang dilaksanakan Tahun 2020, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Sumpah Pemuda