Beranda Daerah Kapolda Sumsel Suport TIM Percepatan Pemadaman Karhutlahbun di Muara Medak

Kapolda Sumsel Suport TIM Percepatan Pemadaman Karhutlahbun di Muara Medak

Tanggal : Pukul :
132
0
TURUN LANGSUNG : Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli, saat meninjau langsung kondisi karhutlahbun di lapangan. (Foto : Istimewah)

Sekayu, Detik Sumsel – Upaya Percepatan pemadaman api kebakaran hutan kebun dan lahan (karhutbunlah) di Desa Muara Medak baik di dusun V dan dusun IX Kecamatan Bayung Lencir terus dimaksimalkan, jajaran TIM Pemkab Muba TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, terus berjibaku di lokasi titik api untuk melakukan percepatan pemadaman.

Pantauan pada Kamis (22/8) petang, Kapolda Sumsel Drs Irjen Pol Firli MSi didampingi Sekretaris Daerah Muba Drs Apriyadi MSi yang tampak masih mengenakan seragam lengkap keduanya melakukan monitoring di zona ltitik yang saat ini fokus dikerjakan Tim dilapangan

Tidak hanya itu, Kapolda Sumsel tampak keduanya pun ikut serta mensuport petugas dilapangan untuk percepatan pemadaman api bersama tim karhutbunlah di lokasi tersebut.

“Progress api berkurang sudah ada, namun tim di lapangan terus siaga dan terus meminimalisir titik fire spot dan hot spot,” selain itu dengan bantuan Alat berat yang diturunkan Pemkab Muba dan perusahaan serta bantuan lainya yang fungsinya mempercepat pemadaman api dan pembuatan sekat api dan sekat kanal oleh tim darat adalah upayan meminimalisir dan mengisolasi sehingga kebakaran tidak meluas serta menghindari lompatan api yang dapat terjadi karena Angin Kencang, tetapi kerja tim saat ini bekerja keras melakukan itu, begitu juga dengan Tim Udara terus akan bekerja dengan maksimal untuk dapat kita bersama sama menuntaskan pekerjaan ini ungkap Kapolda Sumsel, Kapolda Sumsel Drs Irjen Pol Firli MSi.

Baca Juga :   Dinkominfo Muba menjadi Percontohan SIKD

Sementara itu, Sekda Musi Banyuasin Drs Apriyadi MSi menyebutkan upaya pemadaman terus dilakukan secara intensif, baik pemadaman dari darat maupun udara. “Alat berat juga telah diberdayakan untuk membuat sekat penahan api. Ada 27 unit alat berat yang Pemkab turunkan di lokasi karhutbunlah ini,” ungkap Apriyadi.

Sementara itu Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin melalui Sekda Muba H. Apriyadi menambahkan, bahwa selain itu Pemkab Muba juga sejak awal kebakaran telah menurunkan tim medis dari Dinas Kesehatan untuk door to door mengecek kesehatan warga yang terkena dampak karhutbunlah. “Selain itu, TIM Dinas Kesehatan Muba juga membagikan alat masker kepada warga-warga,” tuturnya.

Baca Juga :   Selamat Tinggal Bensin

Kemudian, pada kesempatan kali ini juga, Lanjut Apriyadi dirinya bersama Kapolda Sumsel juga mengecek fasilitas tim pemadam api karhutbunlah.

“Makan dan minum tim pemadam api ini juga disiapkan dengan baik, ada dapur umum yang disiapkan Pemkab Muba melalui Dinsos Muba,” selain itu melaui himbauan bapak bupati Dodi Reza Alex Noerdin Baik perusahaan perkebunan pertambangan dan termasuk masyrakat muba telah memberikan suport dan bantuan baik baik sembako alat berat personil serta Kebutuhan yang diperlukan dilapangan terus mengalir dan kami ucapkan terimakasih dan kami yakin dengan semua stakeholder terkait bersinergi pekerjaan ini akan lebih ringan kita kerjakan pungkasnya. (edy)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here