Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Kriminal Kapolda Sumsel: Penyerangan Warga Ke Polisi di Empat Lawang Murni Perbuatan Pidana,...

Kapolda Sumsel: Penyerangan Warga Ke Polisi di Empat Lawang Murni Perbuatan Pidana, Bukan Konflik

Tanggal : Pukul :
784
0
Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli didampingi Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kombes Pol Yustan Alpiani saat konferensi pers terkait penyerangan warga ke polisi di Empat Lawang dikediaman rumah dinasnya Jalan Bambang Utoyo, Kecamatan Ilir Timur II Palembang

Palembang, Detik Sumsel — Usai kunjungannya di Kabupaten Empat Lawang Sabtu kemarin Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli memastikan kondisi Empat Lawang aman dan terkendali usai penyerangan sekelompok orang terhadap anggota Polsek Ulu Musi Rabu 31 Juli 2019 lalu.

“Saya sudah bertemu dengan bupati, ketua DPRD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, mantan ketua DPRD dan ketua Parpol setempat serta sekretaris desa se Kabupaten Empat mereka sepakat untuk menjaga keamanan Kabupaten Empat Lawang,”ujar Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli dihadapan wartawan di rumah dinasnya Jalan Bambang Utoyo, Kecamatan Ilir Timur II Palembang Minggu (4/8).

Dari hasil kesimpulannya perkara yang terjadi di Kabupaten Empat Lawang berkaitan dengan tiga kejadian yang saling berkaitan.

“Langkah utama yang dilakukan kepolisian melakukan pendekatan di masyarakat untuk memulihkan keamanan dan ketertiban di masyarakat. Yang kedua tentunya menyelamatkan jiwa manusia karena menyelamatkan jiwa manusia tugas dari kepolisian,”tambahnya.

Yang kedua lanjutnya, dilakukan upaya pencegahan agar kejadian serupa tidak terjadi lagi di Empat Lawang. Dan ini sudah disepakati oleh seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Empat Lawang.

“Yang ketiga, terkait peristiwa pidana yang terjadi di Empat Lawang seluruh elemen masyarakat juga sepakat untuk menyerahkan nya kepada proses hukum yang berlaku,”bebernya.

Dalam kasus penyerangan anggota Polsek Ulu Musi dan penyerangan didepan rumah sakit umum daerah Tebing Tinggi Ditreskrimum Polda Sumsel sudah menetapkan 14 orang sebagai tersangka empat tersangka 10 tersangka sudah dibawa ke Polda Sumsel dan empat orang tersangka lainnya masih menjalani perawatan di rumah sakit Muara Enim.

“Peristiwa di Empat Lawang bukan konflik antar warga dengan warga atau pun polisi dengan warga. Kejadian ini murni peristiwa pidana yang dilakukan satu keluarga dengan melakukan penyerangan terhadap anggota Polsek Ulu Musi saat akan menegakkan hukum melakukan penangkapan tersangka pengancaman,”jelasnya.

Dalam penyerangan tersebut empat anggota polisi diantaranya Kanit Reskrim Polsek Ulu Musi Ipda Arsyad, Kanit Intelkam Polsek Ulu Musi Aipda Darmawan, anggota Propam Polres Empat Lawang, Briptu Teja Apriaga dan Anggota Sat Sabhara Polres Empat Lawang, Briptu Agus.

Ipda Arsad mengalami luka tusuk dilengan kiri dan dua luka tusuk di pinggang sebelah kiri. Aipda Darmawan mengalami luka robek dilengan kiri dan luka lecet dibagian leher atas dibawah telinga sebelah kiri.

Briptu Teja Apriaga mengalami luka tembak dipaha kiri diduga dari senpira dan proyektil diduga masih didalam, sedangkan Briptu Agus mengalami luka tembak sebanyak dua luka pada dengkul kaki kanan dan satu luka pada kaki kanan tembus telapak kaki.(oji)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here