Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Palembang Kampung KB Masih Perlu Perhatian Pemerintah

Kampung KB Masih Perlu Perhatian Pemerintah

Tanggal : Pukul :
367
0
Sekretaris BKBBN, Mukminin, didampingi  Kasubdid Advokasi dan KIE Rosida, pada saat paparan beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Palembang, Detik Sumsel – Pembentukan Kampung KB yang dicanangkan secara nasional sejak tahun 2016 mendatang, belum mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah daerah. Hal ini terlihat dari jumlah pencapaian program kampung KB yang baru mencapai 41,9 persen dari target 70 persen pembentukan kampung KB per November lalu.

Sejauh ini pihaknya memang kurang berkoordinasi dengan pemerintah, terutama pihak terkait yang berhubungan dengan program Kampung KB seperti Dinas PUPR dan Dinas Kesehatan seperti pembangunan jalan dan jamban bagi masyarakat yang selama ini menggunakan MCK untuk aktivitas mereka sehari-hari.

“Awal tahun kita akan mulai bergerak dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk merealisasikan pencapai target tahu  depan,” ujar Kepala perwakilan BKKBN Sumsel, Waspin didampingi Sekretaris BKKBN Mukminin dan Kasubdid Advokasi dan KIE Rosida, pada saat paparan di depan media.

Ditambahkannya, program nasional ini pertama kali dibangun tahun 2016 lalu, baru ada satu kampung KB di setiap kabupaten. Lalu, tahun 2017 kampung KB mulai menyebar di 228 kecamatan dan untuk tahun ini kampung KB difokuskan tiap desa di 17 kabupaten kota sebanyak 186 jadi kampung KB.

Ia menambahkan, tidak hanya kampung KB, pihaknya juga fokus untuk pencapaian peserta Keluarga Berencana (KB). Pencapaian peserta KB baru saat ini masih didominasi oleh KB suntik dari PPM 131.573 peserta dan pencapaian baru 89.544 ribu peserta, pil permohonan permintaan masyarakat 82.362 tercapai 53.805 atau 65,33 persen, dan implant dari 46.647 baru tercapai 22.605 peserta.(May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here