Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Pendidikan Kabut Asap Makin Pekat, Disdik Sumsel Rencanakan ‘Rumahkan’ Siswa

Kabut Asap Makin Pekat, Disdik Sumsel Rencanakan ‘Rumahkan’ Siswa

Tanggal : Pukul :
304
0
Tim dari Dinas Kesehatan Sumsel membagikan masker kepada peserta didik di Palembang guna menghindari penyakit akibat dari kabut asap yang bertambah pekat di Palembang.

Palembang, Detik Sumsel – Kondisi kabut asap yang bertambah pekat pada Kamis (5/9) pagi membuat aktifitas pagi hari tidak kondusif. Terlebih bagi kesehatan peserta didik yang akan melaksanakan aktifitas sekolah.

Terkait hal tersebut, Dinas Pendidikan Sumsel akan mengeluarkan surat edaran kepada sekolah-sekolah untuk menggeser jam masuk sekolah supaya peserta didik atau siswa terhindar dari penyakit dampak kabut asap.

“Jika asap tersebut terdeteksi membahayakan sepanjang hari, sangat mungkin siswa dapat belajar di rumah dengan memanfaatkan kelas maya dimana aktivitas dan kegiatan belajar mengajar harus terus berjalan sehingga anak-anak tetap belajar meski tidak tatap muka,” ungkap Kadisdik Sumsel, Drs H Widodo MPd.

Di lain tempat, Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel tidak diam saja. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nuraini mengatakan, mendapati informasi mengenai kabut asap, pihaknya pun langsung membagikan masker kepada masyarakat di Palembang.

Baca Juga :   Tunaikan Janji Kampanye, Herman Deru Launching Internet Desa

“Ada belasan ribu masker yang kita bagikan di beberapa titik. Baik di persimpangan jalan hingga ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Palembang,” ujar Lesty.

Ia mengatakan, pihaknya pun sudah mengeluarkan surat edaran kepada dinas kesehatan di 17 kabupaten dan kota di Sumsel. Edaran tersebut berisi upaya mencegah adanya gangguan kesehatan bagi masyarakat yang berdampak kabut asap.

“Surat edaran sudah kita kirimkan ke kabupaten/kota. Supaya mereka (Dinkes di Kabupaten Kota di Sumsel) menyampaikan imbauan, edukasi ke masyarakat. Juga bagaimana menghadapi situasi yang mungkin terjadi, agar masyarakat bisa mandiri mengatasi permasalahan kesehatannya. Contohnya saat sudah ada keluhan sakit, ada yang terganggu kesehatannya, langsung bawa ke fasilitas kesehatan terdekat,” jelasnya.

Baca Juga :   Gunakan Dana Sertifikasi untuk Peningkatan Kualitas

Lesty mengatakan, di setiap daerah juga sudah memiliki fasilitas pelayanan kesehatan, bahkan ini juga sudah dimiliki di setiap posko-posko penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Sumsel.

“Posko kesehatan sudah ada di setiap posko penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, kita minta agar siaga. Jika ada warga yang mengeluhkan sakit, langsung ditindaklanjuti,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya pun terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat. “Menjaga asupan gizi, banyak minum dan kalau asap sedang pekat sebisa mungkin hindari keluar ruangan. Jika terpaksa keluar rumah, gunakan masker,” tandasnya. (Pen)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here