Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Bakal Calon Anggota DPD RI Lucianty Pahri 

Judicial Review Dikabulkan, Lucianty Pahri:  KPU Dapat Segera Revisi PKPU 

Palembang, Detik Sumsel– Bakal Calon Anggota DPD RI, Lucianty Pahri, mengaku bersyukur atas putusan Mahkamah Agung (MA) yang telah membatalkan pasal 60 huruf j peraturan KPU Nomor 26 Tahun 2018 tentang pencalonan Anggota DPD terkait penghapusan mantan narapidana kasus korupsi, bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, menjadi calon anggota legislatif (bacaleg) dalam pemilu 2019.

“Bersyukur, sangat bersyukur sejak awal kita optimis, semoga ini menjadi langkah kita untuk lebih baik kedepan,” kata Luci saat dihubungi Detik Sumsel, Sabtu (15/9).

Mantan anggota DPRD Sumsel ini berharap putusan MA ini bisa segera direspon oleh KPU dengan merevisi putusan sebelumnyA.  “Kami berharap KPU dapat segera merevisi PKPU dengan hasil putusan MA,” singkatnya.

Ketua Tim Pemenangan Lusianty Pahri, Ardiansyah SIP MSI mengaku bersyukur atas dikabulkan uji materi oleh MA. “Ya… Alhamdulillah ternyata keadilan masih tegak di Negara Republik Indonesia yang kita cintai bersama ini.  Keputusan MA ini mewakili keadilan hukum dan menjadi pelajaran bagi penyelenggara Negara agar jangan bertindak melampaui kewenangannya,” ungkapnya. 

Dikatakan akademisi dari Stisipol ini, sejak awal sangat optimis MA akan mengabulkan judicial review yg diajukan atas nama ibu Hj.  Lucianty. “Kami yakin KPU sumsel begitu ada juknis dari KPU RI akan segera merealisasikan putusan MA tersebut,” sambungnya

Baca Juga :   Yakin Menang Gugatan ke MK

Sementara ituKetua KPU Sumatera Selatan, H. Aspahani akan menindaklanjuti putusan tersebut dengan terlebih dahulu meminta petunjuk kebijakan dari KPU RI.

“Kita menunggu aspek teknisnya dari KPU RI,” kata Aspahani.

Terkait adanya beberapa caleg koruptor di Sumatera Selatan yang di coret lanjutnya, KPU Sumatera Selatan menunggu keputusan KPU RI, apakah langsung merespon putusan MA atau masih dilakukan kajian. “Karena ada massa 90 hari bagi KPU untuk menindak lanjuti putusan MA tersebut,” Katanya

Sesuai tahapan diterangkannya, tanggal 21 September akan ditetapkan Daftar Caleg Tetap (DCT), untuk calon DPD yang menetapkan KPU RI. KPU Sumsel juga berharap ada kebijakan dari KPU RI.

Baca Juga :   Golkar Tunjuk Anita Ketua DPRD Sumsel

“Jika sudah melampaui tahapan penetapan DCT, maka ada persoalan teknis yang harus diselesaikan. Dan harus ada rekomendasi Bawaslu untuk mengubah tahapan,” pungkasnya.

Diketahui,  telah MA membatalkan Pasal 4 ayat (3), Pasal 7 Huruf g Peraturan KPU No. 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR dan DPRD Kabupaten/Kota. Kemudian, Pasal 60 huruf j Peraturan KPU Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPD terkait penghapusan mantan narapidana kasus korupsi, bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, menjadi calon anggota legislatif (bacaleg) dalam Pemilu 2019. (Fir/pen)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Firwanto M. Isa

Firwanto M. Isa

Check Also

Enos-Yudha Bertekad Terus Tingkatkan Skor IPM OKU Timur

Palembang, Detik Sumsel- Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Lanosin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *