Gran Fondo
Petani karet tenggah menyadap karet di perkebunan.

Jual Karet Berkelompok, Amankan Harga Karet

Palembang, Detik Sumsel – Pemerintah merekomendasikan kepada para petani karet di Sumatera Selatan untuk menjual hasil kebun mereka dengan sistem berkelompok. Karena dengan pola seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan perekomian dari petani itu sendiri.

“Kita saat ini memiliki dua jenis berbeda, kedua-duanya diatur lewat kemanisme pembelian, yakni dijual secara berkelompok dan per orangan melalui pengumpul. Harga karet yang dijual petani berkelompok atau unit pengolahan dan pemasaran bersama (UPPB) bisa mencapai Rp 9 Ribu perkilogram,” kata Kepala Dinas Perkebunan Sumsel, Fakhrurozi, Selasa (18/09).

Baca Juga :   Ramadhan Seru Bareng Tiktok Challenge

Sedangkan petani tradisional yang menjual hasil alamnya ke pengumpul, hanya dihargai Rp 5 Ribu per kilogram. Sangat murah karena harus melewati rantai tata niaga yang panjang, sistem pemasaran di tingkat petani ada pedagang keliling atau perantara. Ada yang jual sendiri atau tradisional, ini yang membuat harga jauh lebih rendah dibandingkan penjualan secara berkelompok.

Ia mengakui, dari 600 ribu orang  lebih petani karet di Sumsel sekarang ini, baru 15 persen di antaranya yang bergabung dalam UPPB. Sisanya secara tradisional menjual hasil karet ke pengumpul secara tersendiri.

Baca Juga :   Mau Data Tanpa Batas? myPRIO X Unlimited Pilihannya

Dikatakannya, sejauh ini kendala yang dihadapi petani karena di Sumsel saat ini adalah kendala harga, dan juga tingkat kebersihan produk karet juga memberikan pengaruh besar terhadap harganya.

Fakhruzi menjelaskan, saat ini pihaknya sudah sudah berupaya menghimpun petani karet secara berkelompok atau UPPB. Namun berbagai kendala dihadapi, seperti sulitnya menyamakan kualitas sampai menyatukan musim panen. (May)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Maya

Avatar

Check Also

Khusus Guru, AHM Beri Diskon Angsuran Rp 75 ribu Perbulan

Palembang, Detik Sumsel – Memperingati hari guru, Astra Honda Motor Sumsel memberikan apresiasi pada guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *