Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Warga Desa Gunung Kerto dan Desa Lubuk Tabun, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, tengaj gotong royong bangun jembatan alternatif. Foto Istimewa

Jembatan Roboh Diterjang Arus, Warga Gotong Royong Bangun Jembatan Seadanya

Lahat, Detik Sumsel — Tidak ingin berlarut menunggu bantuan dari pemerintah. Warga Desa Gunung Kerto, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi dan Desa Lubuk Tabun, Kecamatan Tanjung Sakti Pumu, sejak Sabtu (27/4) dengan sigap bergotong royong membangun jembatan alternatif. Mengingat jembatan tersebut, menjadi akses warga dalam beraktifitas.

“Jembatan dibangun seadanya dulu dari kayu. Terpenting aktifitas warga yang ingin berkebun ataupun mengangkut hasil kebun, jangan sampai ikut putus pula,” terang Indra, warga setempat, via seluler, Minggu (28/4).

Seperti yang diberitakan sebelumnya, akibat tingginya curah hujan sejak Jumat petang (26/4) lalu, jembatan penghubung antar dua desa tersebut, putus terseret derasnya arus sungai Manna yang meluap. Bukan hanya meluapkan arus sungai, curah hujan yang tinggi juga menyebabkan longsor, banjir,  hingga terendamnya ladang persawahan warga.

“Masyarakat setempat sudah kita imbau untuk lebih waspada bencana, karna kita tidak bisa memprediksi kapan datangnya bencana. Terutama yang bermukim di dekat aluran sungai, dan di dekat tebing-tebing yang curam. Jika dirasa hujan sangat deras, kiranya bisa mengungsi dahulu,” ujar Kepala BPBD Lahat, Marjono.

Sementara, Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap SIK, melalui Kapolsek Tanjung Sakti, Iptu Romadhon menerangkan, kawasan Kecamatan Tanjung Sakti area ini, memang dinyatakan rawan bencana. Bukan hanya banjir, banyaknya tebing-tebing curam yang berada persis sisi badan jalan, juga jadi titik rawan bencana longsor. Kepada pengendara yang melintas, pihaknya menghimbau bisa lebih waspada.

“Sabtu kemarin tercatat ada 9 titik longsor, persis di jalan lintas dari Tanjung Sakti, menuju ke Bengkulu Selatan. Sebelumnya kendaraan sempat tidak bisa melintas, tapi saat ini lalu lintas sudah kembali lancar,” terang Romadhon. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

2.706 Cama UIN Raden Fatah Rebut Kursi USM

Palembang, Detik Sumsel- Sebanyak 2.706 calon mahasiswa (Cama) jalur Ujian Saringan Mandiri (USM) Universitas Islam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *