Iklan

Detik
Pemprov
Warga saat berziarah kemakam kerabat mereka

Jelang Ramadhan, Sejumlah TPU di OKU Ramai Dikunjungi Peziarah

Baturaja, Detik Sumsel – Menjelang puasa ramadhan 1442 H/2021, sejumlah tempat pemakaman umum di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) ramai dikunjungi warga yang hendak berziarah kemakam kerabatnya, dalam berziarah, warga tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, Minggu (11/4).

Ziarah kubur merupakan tradisi tahunan khususnya bagi umat muslim jelang memasuki bulan suci ramadhan. Hal tersebut dilakukan untuk mendoakan mendiang sanak saudaranya yang telah lebih dahulu meninggal dunia.

Pantauan di salah satu TPU di OKU (TPU Batukuning), saat berziarah warga tampak membawa kembang dan air serta beberapa peralatan untuk membersihkan makam kerabatnya. Setiba TPU, mereka mengawali dengan membersihkan makam selanjutnya menyiram pusara dan menaburkan bunga diatas makam. Kegiatan tersebut ditutup dengan membaca doa untuk mendiang kerabatnya.

Baca Juga :   Wakapolda Sumsel: Brimob Personel Andalan Polri

Yulius salah seorang peziarah mengatakan ia bersama keluarganya berziarah kemakam kerabat mereka, tradisi ini rutin mereka lakukan jelang memasuki bulan suci ramdhan.

“Sudah jadi semacam tradisi atau agenda tahunan, biasanya kita selalu kemakam keluarga setiap memasuki bulan ramadhan, ya tujuanya untuk mendoakan mereka yang telah mendahuli (meninggal red) kita,” tukasnya. (fei)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Usai Apel Pagi, Perwakilan Personel Polda Sumsel Tes GeNose Covid 19

Palembang, Detik Sumsel — Lebaran idul fitri hari keempat Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *