Detik
Pemprov

Jelang Ramadhan Inflasi Sumsel Masih Terkendali di 1,55 Persen

Palembang, Detiksumsel – Bank Indonesia Propinsi Sumatera Selatan optimis laju inflasi di Sumsel secara keseluruhan pada 2021 dan menjelang Ramadhan masih terkendali.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumsel, Hari Widodo mengatakan, tekanan inflasi tetap terjadi yang bersumber dari pulihnya permintaan masyarakat dan penyediaan jasa makan minum seiring relaksasi aktivitas ekonomi.

Untuk menjaga agar inflasi tetap stabil pihaknya bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terus melakukan koordinasi untuk menjaga inflasj tetap stabil, apalagi menjelang Ramadhan yang diperkirakan akan terjadi lonjakan permintaan kebutuhan masyarakat terutama bahan pokok.

Pihaknya pun mengklaim Indek Harga Konsumen (IHK) di Sumsel menunjukkan perkembangan yang baik. Menurut data BI, pada Januari 2021, IHK Sumsel mengalami inflasi sebesar 0,42%.Bahkan secara tahunan, sambungnya, inflasi IHK pada Januari 2021 tercatat sebesar 1,37%. Angka tersebut juga menurun dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 1,55% (yoy).

“Bukan hanya itu, realisasi inflasi tersebut lebih rendah dibanding inflasi nasional dan inflasi regional Sumatera yang masing-masing sebesar 1,56% dan 1,88%.”Jelasnya dalam Rapat High Level Meatinh (HLM) TPID Sumsel dengan agenda Rapat koordinasi kinerja pengendalian Inflasi jelang puasa dan Hari Raya idul Fitri tahun 2021 di Arista Hotel Palembang, Rabu (07/04)

Baca Juga :   Gelar Akad Kredit Massal 4.675 Debitur KPR Sejahtera FLPP

Pencapaian itu dipengaruhi inflasi pada kelompok makanan, minuman dan kenaikan harga cabai merah, cabai rawit, dan daging ayam ras.

“Dengan perkembangan tersebut, realisasi inflasi kumulatif Sumsel pada bulan laporan sebesar 0,42 persen. Secara tahunan, inflasi IHK pada Januari 2021 sebesar 1,37 persen. Itu lebih rendah dibanding inflasi nasional,” ujar Hari.

Diketahui juga, inflasi sebesar 0,42% tersebut lebih rendah dibanding historis inflasi Januari pada tiga tahun terakhir yang tercatat sebesar 0,47%.

“Melihat perkembangan terkini, beberapa indikator harga dan data historis, pada Februari 2021 ini, Sumsel diperkirakan akan kembali mengalami inflasi. Tapi inflasi pada Februari 2021 ini diperkirakan cenderung lebih rendah dari bulan sebelumnya,” katanya.

Kegiatan pengendalian inflasi, terang Hari, masih terus dilanjutkan berpedoman pada strategi pengendalian 4K, yakni pemantauan ketersediaan pasokan yang dilakukan melalui program penjajakan kerja sama sebagai tindaklanjut pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pangan serta dan pihak terkait.

Pemantauan keterjangkauan harga melalui monitoring harga komoditas pangan secara harian serta menyusun rencana sidak pasar. Selanjutnya pihaknya memastikan kelancaran distribusi yang dilakukan dengan memprioritaskan angkutan untuk komoditas bahan pangan dan bahan pokok penting. “Kemudian, komunikasi yang efektif melalui koordinasi secara berkala di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota,” pungkas Hari

Baca Juga :   New Normal di Harapkan Dongkrak Penjualan Pasar Ritel

Sementara itu Gubernurr Propinsi Sumatera Selatan, Herman Deru mengatakan, secara keseluruhan Inflasi Sumsel sampai saat ini sangat terkendali yakni 1.55 persen saat seminggu sebelum Ramadhan.

Angka tersebut merupakan prestasi, ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah yang memberikab dampam positif sehingga masih stabil dan tidak ada gejolak ekonomi.

Sebagai Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumsel dalam penyampaian informasi kepada masyarakat butuh data dan kepercayaan apalagi dalam hal terkait hidup orang banyak masalah harga utamanya inflasi

“Kebutuhan konsumsi meningkat saat bulan puasa padahal ramadhan seharian berpuasa. Yang seharusnya kebutuhan pangan berkurang” kata HD

Ditambahkanta, butuh parameter terkait kalkulasi inflasi. Artinya harus terjun kelapangan dan para Bupati dan Walikota harus selalu turun langsung mencek langsung daftar harga yang mempengaruhi inflasi

“Saya minta para Bupati dan Walikota serta yang berkompeten tidak hanya berujar maupun spirit lontaran isu tapi harus dengan data dan Trust dipelihara sebagai parameternya” tutupnya. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Maya

Avatar

Check Also

Tingkatkan Jaringan Hingga 200 Persen, Selama Ramadhan

Palembang, Detik Sumsel – Memanjakan pelanggan setia selama Ramadhan, XL Axiata selain menghadirkan berbagai promo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *