Beranda Ekonomi Jawab Tantangan Teknologi, BRI Syariah Luncurkan BRISPay

Jawab Tantangan Teknologi, BRI Syariah Luncurkan BRISPay

Tanggal : Pukul :
149
0
Direktur Bisnis Retail BRI Syariah Fidri Arnaldy, saat peluncuran BRISPay (Maya/Detiksumsel.com)

Palembang Detik Sumsel – PT Bank BRISyariah menjadi bank syariah pertama dan satu- satunya yang menerapkan sistem pembayaran secara digital berbasis QR code milik BRISyariah yakni BRISPay. Peluncuran Produk BRISPay ini sendiri berbarengan dengan pembukaan iB Vaganza di Palembang Icon.

BRISPay sendiri merupakan alat pembayaran digital berbasis QR Code milik BRIsyariah. BRIsyariah menghadirkan BRISPay bagi nasabahnya sebagai upaya menghadirkan alat pembayaran yang praktis dan efisien.

Sebelumnya, BRISPay telah diperkenalkan secara terbatas pada akhir tahun 2018. Namun saat itu BRIsyariah belum mengantongi izin dari regulator untuk memperkenalkan kepada publik secara luas. Kini, di iB Vaganza Palembang, BRISPay diluncurkan kepada nasabah BRIsyariah dan masyarakat secara luas.

“Kita harapkan produk ini bisa diterima nasabah BRI, dan untuk twnap awal ini kita targetkan 500 ribu orang nasabah dari 4 unit wilayah disumsel mengunakan BRISPay,” jelas Direktur Bisnis Retail BRIsyariah Fidri Arnaldy, disela sela pembukaan iB Vaganza di Palembang Icon Jumat (23/08).

Ia menambahkan, hadirnya BRISPay ini karena pihaknya melihat cara bertransaksi masyarakat Indonesia sudah mulai berubah, dari tunai ke non tunai berbasis kartu, dan kini menjadi non tunai tanpa kartu.

Selain memudahkan nasabah, BRISPay adalah bentuk dukungan BRIsyariah kepada program pemerintah membentuk cashless society. Kehadiran BRISPay yang sifatnya cashless dan card-less juga bisa menjadi sarana perencanaan ekonomi yang lebih akurat. Semua transaksi tercatat secara lengkap dan mudah dilacak.

“Penggunaan alat pembayaran digital awalnya didominasi untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi cepat saji, seperti minimarket, restoran. Namun sekarang kita lihat trennya semakin variatif. Belanja di pasar pun sekarang bisa menggunakan alat pembayaran digital. Kebutuhan ini sifatnya sustain, akan terus ada. Sehingga potensi pasarnya sangat besar. Ini menjadi salah satu cara kami menambah fee based income,” ujar Fidri.

“Saat ini masyarakat juga makin banyak menaruh dananya di aplikasi dompet digital. Yang membedakan BRISPay dengan dompet digital adalah BRISPay langsung terhubung dengan mobile banking BRIsyariah. Nasabah tidak perlu memindahkan dananya ke aplikasi tertentu,” lanjut Fidri.

BRISPay bisa digunakan oleh semua nasabah BRIsyariah. Caranya, nasabah hanya perlu mengunduh aplikasi BRIS Online di Appstore atau Playstore, scan QR Code di merchant, memasukkan nominal pembelanjaan lalu diikuti PIN.

Saat ini katanya , BRISPay sudah bisa digunakan di berbagai gerai makanan dan minuman cepat saji yang tersebar di Indonesia, gerai fashion ritel, dan minimarket waralaba yang telah memasang logo Ottopay.

“Kami bekerjasama dengan Ottopay. Saat ini merchant yang bekerjasama kebanyakan berada di Jakarta, namun kami akan terus bertambah,” tutup Fidri.(May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here