Pemprov
Bupati Lahat, Cik Ujang resmikan Bank Sampah Semidang Indah Desa Manggul, Foto Heru/DS.

Jangan Anggap Sampah Musuh

Lahat, Detik Sumsel – Upaya yang dilakukan Desa Manggul dalam menanggulangi persoalan sampah, mendapat jempol dari Bupati Lahat, Cik Ujang SH. Apalagi selain berupaya menciptakan kebersihan, Desa Manggul juga bisa menghasilkan inkam bagi desa.

“Ini baru bagus, harus jadi contoh bagi desa-desa lainnya. Memang bau, tapi bagi yang paham sampah ini wangi, karna ada nilai ekonomisnya,” kata Cik Ujang, Selasa (23/2).

Bupati Lahat menambahkan, pengelolaan Bank Sampah yang baik memang butuh proses, perlu dukungan banyak pihak. Namun jika dijalani dengan tekun, insya allah akan menjadi lumbung rezeki bagi desa.

Baca Juga :   Terpilih Secara Aklamasi, Efsi Pimpin DPD Golkar Pagaralam Periode 2020-2025

“Sampah bukan musuh, dan jangan dijadikan musuh. Masyarakat juga harus sadar akan pentingnya mengelola sampah, agar lingkungan bersih, kesehatan tetap terjaga,” pintanya.

Sementara, Hermansyah, Kades Manggul, Kecamatan Kota Lahat menuturkan, Bank Sampah ini berdiri di lahan desa dengan luas 29×15 meter. Inisiatif dibangunnya Bank Sampah ini karena melihat, masih banyak masyarakat yang belum perduli, masih suka membuang sampah sembarangan di pinggir jalan.

“Pengelolaannya oleh Bank Sampah, tapi statusnya BUMDes. Disana sudah ada juga keuntungan untuk desa,” turur Hermansyah.

Baca Juga :   Kaleidoskop 2020: Basarnas Palembang Tangani 49 Kasus Membahayakan Manusia, 15 Laka Air

Hermansyah menjelaskan, untuk sementara pengumpulan sampah masih dari rumah ke rumah, menggunakan fasilitas bentor. Untuk pemilahan ada yang bertugas melakukan pemilahan antara sampah bernilai ekonomis, dengan sampah yang bisa dijadikan pupuk.

“Sudah jalan sekitar 3 bulan, baru di lingkungan 3 dan 4. Harapan kedepan masyarakat bisa pro aktif melakukan pengolaan sampah sejak dari rumah,” jelasnya. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Gubernur Targetkan Realisasi Vaksinasi di Sumsel Capai Angka 80 Persen

Palembang, Detik Sumsel –  Sejumlah upaya dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk memutus mata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *