Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Jadi Publik Speaking Handal
Pengurus DPC AWDI Kabupaten Muara Enim, Sumsel saat menghadiri undangan dari DPP AWDI Pusat.

Jadi Publik Speaking Handal

Jawa Barat, Detik Sumsel – Seorang wartawan musti menjadi publik speaking yang handal. Demikian dikatakan salah satu narasumber Aat Surya Safaat dalam acara Workshop Kompetensi Jurnalis Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI), di Wisma Kompas Gramedia dan Istana Persiden Cipanas Provinsi Jawa Barat, pada akhir pekan ini.

“Wartawan hendaknya menjadi publik speaking yang andal, membuat berita berdasarkan kaidah jurnalistik, hingga pemberitaan sesuai dengan UU pers,” kata Aat.

Menurut Aat, seorang wartawan juga harus rajin membaca, dan minimal bisa satu bahasa asing, seperti bahasa Inggris. Seperti kata pendiri Microsoft, Bill Gates adalah paradigma kaya, maka kuasai informasi teknologi, bahasa asing, silaturahmi, dan jangan lupa untuk selalu berdoa.

Uten Sutendi mantan wartawan Media Indonesia sekaligus sebagai budayawan, Dadan Muliansyah selaku pengamat jurnalistik mengatakan, seorang jurnalis yang sukses itu yang bisa berbicara dan menulis.

Dimana kata dia, banyak tokoh-tokoh dunia menerapkan dua hal itu, seperti Presiden AS ke-44 Obama, Presiden Pertama Indonesia Ir Soekarno dan pemimpin Revolusi Republik Iran Ayatollah Khoemeini.

“Jadi publik speaking sangat penting bagi seorang jurnalis. Kalau ada matahari di dunia ini, salah satunya jurnalis. Jangan disia-siakan jurnalis kita,” beber Uten.

Sementara, dalam kegiatan ini DPC AWDI Kabupaten Muara Enim, Sumsel juga ikut menghadiri undangan dari DPP AWDI Pusat dalam rangka kegiatan workshop ini, guna menjalin silaturahmi dan meningkatkan profesionalisme wartawan di Asosiasi AWDI.

Diketahui, dalam kegiatan ini juga dihadiri langsung Ketua Umum AWDI, Budi Wahyudin, Sekjen AWDI, Ali Nasrullah Ramadhan serta pengurus AWDI beserta anggota AWDI.

Selain itu juga, menghadirkan nara sumber Aat Surya Syafaat, Uten Sutendy, Dr Nunu Ibnudin MSi dan Dr Dadah Muliansyah MM, MSi, Jon Hendry serta Dr Kusnul Arifin MEi. Ketua Umum AWDI, Budi Wahyudin, Sekretaris Jenderal AWDI, Ali Nasrullah Ramadhan serta pengurus kesekjenan AWDI beserta anggota AWDI.(ndi/rel)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Butet Kertaradjasa

Avatar

Check Also

Bekuk 2 Bandar Narkoba Sekaligus

Muara Enim, Detik Sumsel- Peredaran narkoba yang merusak generasi muda dan juga kehidupan ditengah-tengah masyarakat, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *