Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Pendidikan Internet Pengaruhi Politik dan Demokrasi

Internet Pengaruhi Politik dan Demokrasi

Tanggal : Pukul :
496
0
Dr Andries Lionardo membuka public lecture of communication internet regulation to regulate or note to regulate dengan mendatangkan narasumber Prof Ang Peng Hwa dari Nanyang Technological University, Singapura

Palembang, Detik Sumsel-Dunia hari ini tidak terlepas dari pengaruh internet, termasuk kehidupan politik dan demokrasi. Untuk itu, harus bijak menciptakan, mengolah dan menerima setiap informasi dan data dari dunia maya.

Demikian diungkapkan Prof Ang Peng Hwa dari Nanyang Technological University, Singapura saat menjadi prmbicara dalam public lecture of communication internet regulation to regulate or note to regulate oleh Ilmu Komunikasi FISIP Unsri di Kampus Bukit, Senin (12/11).

Ia mencontohkan dalam pertarungan politik di Pemilu Amerika misalnya, antara Donald Trump vs Hillary Clinton tidak terlepas dari pengaruh internet. Begitu juga pemilu di Malaysia Najib vs Mahatir Muhammad. “Begitu juga di Indonesia Jokowi vs Prabowo,” ungkapnya.

Baca Juga :   Tren Kampanye Beralih ke Dunia Digital

Dalam kesempatan tersebut, Prof Ang juga membahas tentang keadaan internet di Asia khususnya aspek kebijakan publik dan regulasi dilihat dari ilmu komunikasi. “Dunia ekonomi pun kini harus memperhatikan sistem internet, seperti bangking dan e-commers,” ungkapnya.

Sementara itu, Kajur Ilmu Komunikasi FISIP Unsri, Dr Andries Lionardo mengatakan, kegiatan tersebut bagian dari upaya meningkatkan iklim akademik mahasiswa dan dosen.

Baca Juga :   Giovanni Ajak Generasi Millenial Melek Politik

“Apa yang disampaikan Prof Ang penting untuk menambah pengetahuan mahasiswa karena dari sisi komunikasi politik adalah pemilih pemula,” paparnya.

Andries mengungkapkan mahasiswa harus menegakkan etika berkomunikasi di internet, menghindari hoax dan mengetahu bahwa kebijakan ini telah diatur melalui UU ITE. “Terutama harus bijak berkomunikasi menghadapi pilpres  dan menangkap pesan kandidat,” pungkasnya. (Wira) 

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here