Detik
Pemprov
Inovasi pemanfaatan sinar violet ini diaplikasikan di tanaman hidroponik yang berada di depan halaman Kantor PLN ULP Ampera Palembang di kawasan Jalan Gub H Bastari Jakabaring. (Foto: Petrus /Detik Sumsel)

Inovasi Violet Jaga Ketahanan Pangan Sumsel

Palembang, Detik Sumsel- Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN melakukan inovasi pemanfaatan sinar lampu ultraviolet (UV) untuk meningkatkan produktivitas tanaman hidroponik.

Inovasi ini dinilai masyarakat dan Gubernur Sumsel Herman Deru menjadi stimulus ketahanan pangan di Sumatra Selatan.

Di Sumatra Selatan, Inovasi pemanfaatan sinar violet ini diaplikasikan di tanaman hidroponik yang berada di depan halaman Kantor PLN ULP Ampera Palembang di kawasan Jalan Gub H Bastari Jakabaring.

“Pemanfaatan sinar violet sebagai pengganti cahaya matahari di malam hari, cukup efektif dalam mempercepat pertumbuhan tanaman hidroponiknya,” ungkap Manajer PLN UP3 Palembang, Raden Febrian kepada detiksumsel.com, Kamis (25/2).

Baca Juga :   Kader HMI Cabang Palembang Resmi Jadi Kandidat Ketum PB HMI
Tampak Desti pengelola tanaman hidroponik ULP PLN Ampera sedang panen tanaman yang memanfaatkan sinar UV inovasi PLN yang dinilai dapat menjaga ketahanan pangan di Sumsel. (Foto: Petrus/Detik Sumsel)

Dikatakan, dengan sistem pengairan yang stabil dan penerangan dengan sinar violet ini, sayur organik dapat dipanen yang normalnya baru bisa dipanen dalam waktu 45 hari bisa dipercepat menjadi 30 hari.

Raden menceritakan, untuk pengelolaan tanaman hidroponik yang memanfaatkan sinar violet tersebut langsung dikelola kalangan ibu-ibu pegawai PLN Ampera. “Dari segi rasa juga tidak perlu khawatir, karena tidak pahit, ini pun sekaligus aman untuk langsung dikonsumsi,” sebutnya.

Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru mengaku inovasi sinar UV yang di inisiasi PLN tersebut sangat andil dalam menjaga ketahanan pangan di Sumsel. “Inovasi sinar UV ini sangat baik sekali. Terutama untuk upaya menjaga ketahanan pangan di Sumsel,” ungkap Herman Deru.

Baca Juga :   Oknum Sekdes di Lahat Nyambi Jualan Sabu

Herman Deru berharap, agar dalam waktu dekat PLN memaksimalkan sosialisasi penggunaan sinar violet kepada para masyarakat khususnya kalangan petani di Sumsel untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

“Pemprov Sumsel prinsipnya akan siap All out mendorong petani di Sumsel menggunakan sinar violet,” pungkasnya.(tet)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Deby

Avatar

Check Also

Makmurkan 74 Masjid Dan 62 Musala

Muaraenim, Detik Sumsel- Menjelang bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah, PT. Bukit Asam Tbk (PTBA) memakmurkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *