Iklan
Pemprov

Ini Yang Harus di Perhatikan Agar Klaim Asuransi Mobil Tidak Ditolak

Palembang, Detik Sumsel – Bagi pemiliki kendaraan Asuransi menjadi bagian penting untuk memberikan perlindungan bagi kendaraan, karena sebagai salah satu aset tentu saja kendaraan wajib dilindungi agar tetap aman terjaga dan jika sewaktu-waktu hal yang tidak diinginkan terjadi kendaraan tetap aman terlindungi.

Tapi sayangnya banyak konsumen yang paham jenis asuransi dan cara klaimnya, sehingga tidak jarang saat membeli polis asuransi mereka hanya membeli saja tapi saat akan diklaim terjadi kendala.

Andi Viktori Bagun Kepala Cabang Asuransi Astra Palembang menjelaskan,
syarat klaim asuransi mobil itu sangat mudah hanya butuh tiga dokumen saja yakni SIM pengemudi terakhir, STNK kendaraan dan KTP pemegang polis asuransi.

Tapi walaupun syarat untuk mengklaim asuransi mudah tapi masih ada saja sejumlah kasus klaim ditolak karena tidak bisa memenuhi ketiga syarat tersebut, misalnya SIM mati.

“Kendala yang paling umum ditemui yakni SIM mati atau pengemudi terakhir yang mengemudikan kendaraan tidak memiliki SIM sama sekali,”katanya, Kamis (03/06).

Biasanya pemegang polis tahu pengemudi terkahir tidak memiliki SIM atau SIM nya mati sehingga menggantikannya dengan SIM orang lain. Namun setelah ditelusuri oleh pihak asuransi ketahuan bohong menggunakan SIM orang lain.

Kendala klaim ditolak yang berhubungan dengan SIM juga biasanya ada SIM namun masa berlakunya sudah habis, atau SIM tidak sesuai peruntukannya. Misalnya saja SIM kendaraan pribadi tapi mengemudikan mobil berat yang memerlukan SIM golongan lainnya. Atau SIM A padahal mengemudikan mobil.

Baca Juga :   Transaksi Pasar Saham Mencatat, Pertumbuhan Investor Baru Capai 106 Persen

Alasan klaim asuransi kerap ditolak lainnya yakni polis asuransi untuk kendaraan pribadi namun digunakan untuk keperluan mobil komersil.

Misalnya saja polis asuransi mobil pribadi tapi mobilnya digunakan sebagai taksi online atau travel sehingga klaim ditolak. Sebab untuk mobil komersil tersedia asuransi khusus untuk mobil komersil dan tidak bisa diberlakukan untuk mobil pribadi.

Alasan klaim asuransi lainnya yang kerap ditolak yakni mobil sudah dipindah tangankan ke orang lain tanpa sepengetahuan leasing. Kasus ini kerap terjadi pada mobil yang dibeli dengan cara kredit melalui leasing.

Ditambahkanya, seharusnya perpindahan tangan tersebut harus dilaporkan ke leasing bahwa mobil sudah dipindah tangankan sehingga saat mengurus asuransinya juga tidak ada kendala karena leasing memberikan surat pemberitahuan ke asuransi agar nama pemegang polis diubah.

“Kalau mobil sudah pindah tangan tanpa sepengetahuan leasing kan beda nantinya nama pemegang polis dengan syarat yang diajukan klaim sehingga tidak akan bisa diklaim,” jelasnya ketika di wawancarai diruang kerjanya.

Alasan umum lainnya klaim ditolak yakni penggelapan. Contohnya mobil milik sendiri kemudian dipinjam teman atau orang lain dan kemudian tidak pernah dikembalikan. Saat akan klaim asuransi karena ada kecelakaan klaimnya otomatis akan ditolak.

“Jika syarat lengkap dan sesuai ketentuan klaim asuransi satu hari selesai,” tegasnya.

Baca Juga :   Bawa Pulang Langsung Rush, Tanpa DP

Saat ini dikatanya, pertumbuhan bisnis otomotif secara tidak langsung mempengaruhi bisnis asuransi khususnya mobil di Palembang.

Palembang menjadi mota kedua setelah Medan Sumut untuk penjualan mobil. Bisnis
asuransi mobil sendiri ikut naik sekitar 18 sampai 24 perseb year on date 2021 dibanding Mei 2020, meski bila dibandingkan tahun 2019 peningkatan tersebut masih rendah bila dibandingkan tahun 2019 lalu.

Namun pertumbuhan bisnis asuransi mobil dengan pembelian tunai jauh lebih besar yakni 53 persen year on date Mei 2021 terhadap 2020.

“Jika dihitung dalam angka penjualan mobil di Sumsel per bulan bisa terjual 1.500 unit semua merek dan pabrikan. Sementara itu klaim asuransi yang diajukan rata-rata 280 klaim per bulan,” katanya.

Asuransi Astra juga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bisa menjadi agen asuransi profesional Mitra Garda Oto (MGO) karena besarnya peluang pembelian polis asuransi karena umumnya konsumen yang membeli mobil tunai lebih jarang membeli polis.

Andi mengatakan MGO memberikan peluang pendapapatan jutaan rupiah per bulan, jenjang karir dan bonus hingga trip liburan ke luar negeri tanpa mengeluarkan modal seperser pun.

“Caranya mudah daftarkan diri menjadi agen MGO dan dapat komisi langsung hingga komisi team dan reward lainnya yang bisa mendatangkan penghasilan dari rumah saja tanpa pengeluaran,” tutup Andi.(May).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Adidas Originals dan LEGO Group Luncurkan Sneaker Superstar Kolaboratif

Palembang, Detiksumsel – Untuk terus membangun kerja sama kolaboratif, adidas Originals dan LEGO Grup kembali …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *