Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Liputan Khusus Ini Ciri-Ciri Demo Murni dan Demo Bayaran

Ini Ciri-Ciri Demo Murni dan Demo Bayaran

Tanggal : Pukul :
624
0
Pengamat Politik, Bagindo Togar

Lipsus, Detik Sumsel- Pengamat Politik Sumsel, Bagindo Togar menyebutkan demonstrasi biasanya dilakukan suatu kelompok untuk membuat opini dan mempengaruhi kebijakan.

“Tugasnya biasanya menekan atau mengkritik suatu kebijakan melalui opini aksi yang jadi opini,” ujar Bagindo kepada Detik Sumsel.

Dikatakan, dengan dilakukan aksi demo memang diharapkan oknum-oknum tertentu untuk suatu feedback dari pejabat atau institusi yang menjadi objek aksi tersebut lewat para demonstran.

“Biasanya, kalau demonstran yang murni yang tidak terekayasa atau tanpa bayaran itu akan keliatan. Misalnya dari atribut yang dibawa, kemudian slogan-slogan yang ditampilkan, kemudian dari gestur mereka pun pasti dapat diketahui,” jelasnya.

Baca Juga :   Bersinergi Dengan Rakyat Lanud SMH Adakan Pengobatan Massal

Lanjutnya, kalangan yang mempunyai kelompok-kelompok organisasi bayaran tersebut terkadang tidak memperdulikan hal tersebut.

“Buat mereka, ini terjadi dengan opini-opini yang berkembang, pemangku kebijakan terpengaruh dan itulah yang menjadi target mereka. Karena pemesan-pemesan demo tadi sudah ada kesepakatan-kesepakatan yang dibuat,” imbuhnya.

Terkait persoalan angka-angka keuntungan, lanjut Bagindo, hal tersebut tergantung pada suatu kesepakatan.

“Apalagi kalau kebijakan itu terkesan sangat strategis, misalnya menyangkut persoalan ekonomi apalagi politik dalam High Level, dan disitulah mempengaruhi besar tidaknya angka-angka untuk pelaksanaan operasional demo tersebut,” jelasnya.

Baca Juga :   Pesan Tiket Pesawat Sejak Tahun Lalu

Selain itu, Bagindo juga mengatakan, bahwa jumlah masa, waktu pelaksanaan, serta konten-konten dalam demo tersebut juga memiliki berpengaruh pada angka-angka tersebut.

“Jadi, keempat faktor-faktor tadilah yang mempengaruhi besar atau tidaknya suatu aksi, melalui demonstrasi bayaran, itu hasil rekayasa yang disepakati antara masa demo bayaran dengan pemesan pendemo bayaran tadi,” pungkasnya.(wira)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here