Beranda Politik ILUNI UI Sumsel Ajak Generasi Milenial Jangan Golput

ILUNI UI Sumsel Ajak Generasi Milenial Jangan Golput

Tanggal : Pukul :
90
0
Foto bersama usai diskusi santai

Palembang, DetikSumsel – Bertempat di salah satu cafe di Jalan Sumpah Pemuda, Kamis malam (14/3). Ikatan Alumni Universitas Indonesia Wilayah Sumatera Selatan (ILUNI UI Sumsel) kembali menggelar diskusi Nongkrong Bareng ILUNI UI Sumsel dengan tema “Saya Memilih”.

Hadir dalam acara tersebut Ketua ILUNI UI Sumsel Giri Ramanda N Kiemas Komisioner KPU Palembang Divisi Hukum Abdul Malik, TKN Paslon 01 Fabianus Tandry, TKN Paslon 02 Ahmad Usmarwi Kaffah dan moderator Ketua Bidang V ILUNI UI Sumsel Hernie Roesprijadji dan dihadiri puluhan mahasiswa dari Perguruan Tinggi di Palembang.

Ketua ILUNI UI Sumsel Giri Ramanda N Kiemas mengatakan, pihaknya menghadirkan caleg dari tim kampanye 01 dan 02, untuk berdiskusi bagaimana mereka mendekati pemilih potensial. Paslnya angka golput ini masih tinggi.

“Hadir narasumber dari KPU Palembang yang menerangkan pentingnya partispasi masyarakat dalam Pemilu,”ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Sumsel ini mengungkapkan, pihaknya mengajak mangundang mahasiswa dalam acara ini, karena ini isu yang menarik.

“Kalangan milenial itu baru pertama atau kedua memilih. Mereka lebih energik dan kita minta mereka kenali dan pelajari para Caleg dan Capres. Yang terpenting jangan lupa datang ke TPS pada 17 April,” bebernya.

Baca Juga :   Rugi Rp 68 Juta, Shinta Polisikan Teman Arisan

Dilain itu, Komisioner KPU Palembang Abdul Malik menuturkan, melalui acara ini partisipasi seluruh elemen penting dalam pesta demokrasi. Paslnya itu berefek pada terwujudnya pemerintahan yang baik.

“Kami mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Malik menuturkan, KPU menargetkan masyarakat yang menggunakan hak pilihnya sebesar 77,5 pwrsen.” Kita optimis, bisa meraih target tersebut, karena Pemilu tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pilpres berberangan dengan Pileg. Jadi dari sosialisasi yang kita lakukan, terlihat antusias masyarakat dalam Pemilu ini tinggi,” katanya.

Sementara, Perwakilan TKD 01 Fabianus Tandry menerangkan, pihaknya fokus pada blusukan. Selain itu, pada Pemilu 2019 pihaknya melakukan sosialisasu dimedia sosial seperti instagram dan facebook.

“Jadi Pemilu 2019 ini jadi lebih berwarna.
Target KPU pengguna hak pilih mencapai 77 persen, saya yakin bisa mencapai 80-90 persen.Mudah mudahan April, semuanya memilih jangan hanya menonton,” katanya.

“Kita melakukan aksi door to door dalam melakukan sosialisasi. Saya sebagai Caleg turun langsung. Untuk Pak Jokowi sudah membuktikan kerjanya,” tambahnya.

Oleh sebab itu, lanjut Fabianus, pihaknya menyampaikan ke teman-teman perguruan tinggi agar tidak golput. Karena suara mereka menentukan masa depan 5 tahun kedepan.

Baca Juga :   SMA Pradita Dirgantara Dikenalkan di Palembang

“Pada Pemilu 2019 ada banyak Caleg milenial baik di DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dan Kota,” urai Caleg PSI ini.

Hal senada disampaikan perwakilan BPN 02 yang juga Caleg dari Partai Demokrat, Ahmad Usmarwi Kaffah menuturkan, memilih itu sangat penting. Karena yang dipilih itu penentu kebijakan, baik pusat, daerah bahkan desa.

“Jika ada ungkapan saya tidak dapat apa apa, itu salah. Pemuda 16-30 tahun, itu berjumlah 34 juta orang. Mereka nanti juga yang akan menikmati kebijakan. Jangan sampai pemuda itu apatis. Anak muda itu kekuatan,” katanya.

Menurutnya, diskusi ini luar biasa, jadi perlu digelar rutin karena terkait golput. “Diskusi ini tidak ada saling serang, pernyataan membangun. Perhatian terhadap bangsa kita harus ditingkatkan. Harapan saya, anak-anak negeri ini menggunakan waktunya untuk hal yang bermanfaat seperti ini,”singkatnya.(Pen)

“Melalui acara diskusi seperti ini, dapat memperkececil golput, menyebarluaskan bahaya golput. Diperlukan komitmen penyelenggara mengajak seluruh masyarakat agar tidak golput. Mencerdaskan itu lebih baik,”pungkasnya.(Pen)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here