Pemerintah Sumatera Selatan
TAG TOYOTA
BANK INDONESIA
17 Agustus 2020
Beranda Olahraga HZ : Litbang Lokomotif Peningkatan Prestasi Olahraga

HZ : Litbang Lokomotif Peningkatan Prestasi Olahraga

Tanggal : Pukul :
537
0
Ketua Umum KONI Sumsel H Hendri Zainudrin saat menjadi keynote speaker pada webinar bidang Litbang.
Ketua Umum KONI Sumsel H Hendri Zainudrin saat menjadi keynote speaker pada webinar bidang Litbang.

Palembang, Detik Sumsel – Di tengah pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) peranan penelitian dan pengembangan (Litbang) menjadi sangat strategis dalam upaya peningkatan prestasi seorang atlet. Terutama dalam menyajikan data yang menjadi masukan dalam melahirkan kebijakan strategis.

Demikian diungkap Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Hendri Zainuddin, saat menjadi keynote speaker Web Seminar (Webinar) bertajuk ‘Peran Litbang Dalam Peningkatan Keolahragaan di Sumatera Selatan’, Senin (20/7).

Hendri menjelaskan, tidak ada negara yang dapat maju tanpa peran dan fungsi Litbang. Dalam lingkup yang lebih sempit seperti KONI, keberadaan Litbang sangat diperlukan demi kemajuan dunia olahraga.

“Di tengah pesatnya perkembangan Iptek, Litbang memiliki peran strategis dalam upaya peningkatan prestasi olahraga. Litbang dapat menjadi lokomotif dalam penyajian data, informasi, dan hasil kajian yang dapat menjadi masukan dalam melahirkan kebijakan strategis peningkatan prestasi olahraga,” terang Hendri Zainuddin.

Baca Juga :   Kapolda Irjen Eko vs Bupati Askolani Bertarung di Sukajadi

Lanjutnya, KONI Sumsel akan mendorong optimalisasi Litbang pada semua cabang olahraga dan pembinaan atlet. Caranya dengan melakukan enam aktivitas utama Kelitbangan, yakni penelitian, pengembangan, pengkajian, penerapan, perekayasaan, dan pengoperasian harus diwujudkan dalam grand design peningkatan prestasi olahraga di Sumsel.

“Peran strategis Litbang harus diikuti dengan tatakelola SDM kelitbangan yang berintegritas, profesional, dan handal serta didukung sarana-prasarana yang memadai,” jelasnya.

Ditambahkan Manajer Sriwijaya FC (SFC) itu, Abad 21 ditandai oleh arus globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat dan pesat.

Agar informasi dapat dilakukan secara cepat dan akurat, maka diperlukan sistem basis data yang dikelola secara digital. Ketersediaan informasi dan kecepatan mendapatkan informasi merupakan ‘senjata’ yang ampuh dalam memenangkan persaingan global dewasa ini.

Baca Juga :   MCF Siap, Membawa Muba Babel United Lolos ke Liga 1

“Data dan informasi, yang dihasilkan Bidang Pulata dan Bidang Litbang, sangat bermanfaat bagi pemangku kepentingan dalam merumuskan kebijakan atau program peningkatan prestasi olahraga di Sumsel,” terangnya.

Kata dia, basis data merupakan bidang teknologi informasi yang berkaitan dengan pengolahan data berbasis elektronik, mulai dari pembuatan, penyuntingan, pengelompokkan, hingga manajemen data agar dicapai hasil yang sesuai dengan yang diinginkan.

Adapun manfaat basis data antara lain, kecepatan dan kemudahan (speed), kebersamaan pemakaian (sharability), pemusatan kontrol data, efisiensi ruang penyimpanan (space), keakuratan (accuraty), ketersediaan (availability), kelengkapan(completeness), keamanan (security), dan kemudahan dalam penyajian laporan.

“Dengan adanya basis data, pengelolaan data administrasi yang dibutuhkan akan menjadi semakin mudah, cepat, dan efisien,” tutup dia.(Humas KONI Sumsel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here